PERBEDAAN MODAL DASAR DAN MODAL DISETOR

Modal dasar perseroan terdiri dari atas seluruh nilai nominal saham dengan nominal paling sedikit 50 (lima puluh) juta rupiah. Paling sedikit 25% (dua puluh lima persen) dari modal dasar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 32 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT) harus ditempatkan dan disetor penuh yang dibuktikan dengan bukti penyetoran yang sah. Penyetoran atas modal tersebut dapat dillakukan dalam bentuk uang dan/atau dalam bentuk barang.

Read More »

PERBEDAAN PT KECIL, MENENGAH, DAN BESAR

Klasifikasi SIUP cukup berpengaruh bagi perusahaan saat mengikuti tender. Klasifikasi tersebut digunakan pihak penyelenggara untuk melihat kemampuan perusahaan dalam melaksanakan pekerjaan yang ditenderkan. Bagaimana klasifikasi SIUP dapat membedakan perusahaan menjadi PT kecil, menengah, dan besar?

Read More »

Bidang Usaha Transportasi (SIUJPT) dalam Akta tidak bisa digabungkan dengan Bidang Usaha Lain

Untuk bisa mendapatkan SIUJPT perusahaan diwajibkan memenuhi persyaratan administrasi yang diantaranya meliputi kepemilikan akta perusahaan dari notaris yang disahkan kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dalam mengurus SIUJPT Bidang Usaha yang tercantum dalam Akta tidak dapat digabungkan dengan Bidang Usaha lain, hal ini dikarenakan perusahaan jasa pengurusan transportasi yang telah memilki izin usaha akan dikenakan sanksi administratif apabila tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana mestinya atau melakukan kegiatan usaha yang menyimpang dari usaha pokoknya.

Read More »

Coba Legalitaskita secara GRATIS. Akses tidak terbatas ke dokumen hukum dan nasihat hukum.

FOLLOW US!