Apa Itu SIUJK – Cara Mengurus dan Persyaratannya

Apa itu SIUJK? Bagaimana cara mengurusnya? Apa yang diperlukan untuk mengurus izin usaha yang satu ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Meskipun keberadaannya menjadi salah satu syarat agar suatu perusahaan konstruksi memiliki legalitas usaha, hingga saat ini masih banyak yang belum memahami apa itu SIUJK.

Padahal, jika Anda memiliki usaha yang bergerak di bidang konstruksi, sudah pasti Anda harus memiliki surat izin yang satu ini.

Selain memperkuat legalitas perusahaan, keberadaan SIUJK juga mempengaruhi besarnya pajak yang harus Anda bayarkan. Perusahaan yang tidak memiliki surat izin harus membayar pajak dengan nominal yang lebih tinggi.

Lalu, apa sebenarnya SIUJK itu? Apa saja syarat yang harus Anda penuhi untuk memperoleh SIUJK? SIUJK dikeluarkan oleh siapa? Semua pertanyaan Anda akan terjawab melalui penjelasan di bawah ini.

Key point:

  1. Setiap badan usaha yang bergerak di bidang konstruksi wajib memiliki SIUJK.
  2. Selain menunjukkan legalitas, badan usaha yang memiliki SIUJK memiliki potongan pajak yang lebih rendah daripada yang tidak memegang izin usaha.

Apa Itu SIUJK?

apa itu siujk

SIUJK merupakan singkatan dari Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi, dan kontraktor maupun badan usaha serupa sebaiknya memiliki surat izin usaha yang satu ini.

Pemerintah Daerah (PEMDA) akan menerbitkan surat ini apabila suatu badan usaha telah memenuhi kualifikasi. Apabila Anda telah memegang SIUJK maka artinya badan usaha yang Anda miliki dapat mengerjakan proyek konstruksi di daerah tersebut.

Seperti surat izin lainnya, SIUJK memiliki masa berlaku yaitu selama tiga tahun. Jika masa berlaku sudah habis namun Anda masih beroperasi sebagai kontraktor di daerah tersebut, maka Anda harus memperpanjang surat izin yang Anda miliki.

Jenis-jenis SIUJK

Namun sebelum mengurus surat izin yang satu ini, sebaiknya Anda juga mengetahui bahwa pemerintah mengeluarkan beberapa jenis SIUJK. Berikut ini adalah jenis-jenis surat izinnya berdasarkan bentuk BUJK (Badan Usaha Jasa Konstruksi):

  1. IUJK Nasional, yaitu izin untuk BUJK yang beroperasi di kota domisili.
  2. IUJK PMA, adalah surat izin usaha yang harus dimiliki oleh penanam modal asing (PMA) yang akan beroperasi di Indonesia. Badan Koordinasi Penanaman Modal merupakan lembaga yang berwenang menerbitkan surat yang satu ini.
  3. IUJK BUJKA, yaitu surat izin untuk badan usaha asing yang akan membuka usaha di Indonesia.

Cara Mengurus SIUJK

Sebenarnya Anda bisa mengurus surat izin ini secara online. Bahkan semua syarat SIUJK yang harus Anda sertakan juga tertera di website OSS. Selain itu, Anda juga bisa langsung datang ke kantor LPJK setempat dengan membawa syarat-syaratnya.

Namun selain proses yang memakan waktu, masih ada beberapa hal lain yang wajib Anda penuhi, di antaranya adalah:

  • Sebagai kontraktor, Anda wajib memiliki lisensi profesi.
  • Memenangkan lelang proyek di babak pertama.
  • Memenuhi syarat administrasi dengan memiliki Sertifikat Badan Usaha.
  • Nama badan usaha tercantum dalam database LPJK setempat.

Apabila Anda mampu memenuhi hal-hal di atas, maka Anda bisa melanjutkan untuk mempersiapkan dokumen persyaratan mengurus SIUJK. Apa saja dokumen yang harus disiapkan?

  1. Sertifikat Badan Usaha.
  2. Kartu Tanda Anggota Asosiasi.
  3. Sertifikat Tenaga Ahli.
  4. TDP Perusahaan
  5. NPWP Perusahaan
  6. SIUP.
  7. Domisili badan usaha.
  8. Akta Notaris.
  9. KTP kepala badan usaha terkait.

Untuk mengurus surat izin usaha konstruksi, Anda juga perlu mencantumkan klasifikasi BUJK yang Anda jalankan, biasanya tergantung pada besaran nilai proyek. Lalu di manakah posisi BUJK Anda?

  • Proyek skala kecil memiliki nilai di bawah Rp. 500.000.000
  • Skala menengah bernilai Rp.500.000.000 hingga Rp. 10.000.000.000
  • Proyek besar memiliki biaya di atas Rp. 10.000.000.000

LPJK nantinya akan langsung menentukan kategori badan usaha Anda. Apabila semua syarat telah terpenuhi, Anda bisa langsung mengunggah semua dokumen ke website OSS dan menunggu konfirmasi berikutnya.

Layanan Pengurusan SIUJK

Kami memahami bahwa proses mendapatkan izin badan usaha yang bergerak di bidang konstruksi jauh lebih rumit daripada mengurus surat izin bidang lainnya. Bahkan meskipun pemerintah telah memberikan fasilitas secara online, prosesnya masih akan memakan waktu.

Oleh karena itu, percayakan proses mengurus izin usaha Anda kepada kami. Bag Office telah melayani banyak klien untuk mengurus segala bentuk perizinan usaha. Selain itu, tim profesional kami juga menerima pengurusan pendirian CV, PT, PMA, maupun jenis badan usaha lainnya.

Bersama kami, Anda tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang apa itu SIUJK namun juga mengurus izin usaha dengan lebih mudah dan proses yang tidak bertele-tele. Untuk informasi terkait biaya SIUJK dan layanan yang kami sediakan, segera hubungi tim kami di kontak yang tertera dibawah ini.