Cara dan Syarat Pendirian Yayasan Terbaru

: Ingin tahu bagaimana cara dan syarat pendirian yayasan yang terbaru? Simak artikel ini untuk mengetahui segala keperluan untuk mendirikan yayasan!

Tahukah Anda apa kegunaan yayasan? Pendirian yayasan dapat berguna untuk kepentingan kelompok yang berkecimpung di bidang kemanusiaan untuk kepentingan umum. Sebuah organisasi yang berhasil mendirikan yayasan akan terlindungi secara hukum oleh negara. Secara umum, pengelola yayasan oleh swasta dan bersifat nirlaba.

Selain itu, yayasan juga telah memiliki dasar hukum yaitu pada UU nomor 16 tahun 2001. Semua pengajuan pendirian yayasan ini harus menggunakan bahasa Indonesia yang resmi. 

Keuntungan Pendirian Yayasan

Terdapat keuntungan apabila organisasi melakukan pendirian yayasan sebagai berikut:

  1. Membangun Organisasi Secara Sah

Tujuan awal pendirian yayasan akan menguntungkan sebuah organisasi yang membutuhkan legitimasi pada proses kerjanya. Dengan adanya ketetapan tersebut, maka akan mempermudah juga pada proses administratif dari sebuah organisasi.

  1. Membuka Lapangan Kerja

Pendirian yayasan pasti membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang sesuai dengan bidang tertentu, sehingga membuka kesempatan kerja bagi masyarakat.

  1. Penyelesaian Masalah

Organisasi yang terdapat banyak personil di dalamnya seringkali mendapati sebuah konflik, maka dengan melegalkan suatu organisasi dapat mempermudah penyelesaian masalah sehingga membangun lingkungan masyarakat yang berpikir maju.

Syarat Pendirian Yayasan

Patuhi beberapa syarat di bawah ini supaya prosesnya menjadi lebih mudah:

  1. Mendirikan yayasan dapat didirikan oleh satu orang yang bersedia memberikan sebagian hartanya menjadi kekayaan yayasan.
  2. Memiliki akta notaris dalam bahasa Indonesia resmi.
  3. Memiliki struktur organisasi yang terdiri dari Pembina, Pengurus, dan Pengawas.
  4. Dapat berdiri berdasarkan surat wasiat.
  5. Dapat memiliki status badan hukum secara sah oleh menteri yang telah ditunjuk.
  6. Pengajuan nama yayasan harus berbeda dengan yang telah ada.
  7. Organisasi tidak boleh melanggar ketertiban masyarakat.

Dokumen untuk Pendirian Yayasan

Lengkapi semua dokumen yang telah menjadi persyaratan supaya lulus administrasi:

  1. Fotocopy akta pendirian yayasan
  2. Fotocopy kartu NPWP pribadi pemilik yayasan
  3. Fotocopy KTP milik pendiri, milik pembina, milik pengawas, dan milik pengurus yayasan
  4. Surat pernyataan dan alamat lengkap dari yayasan beserta tanda tangan yang bersangkutan. Adapun tanda tangan itu berasal dari pengurus yang diketahui langsung oleh lurah atau kepala desa tempat berdirinya yayasan.
  5. Melampirkan berkas yang menyertakan bukti penyetoran dan keterangan bank yang sesuai dengan nama yayasan. Berkas tersebut harus sudah terpisah sebagai kekayaan dalam pendirian yayasan.
  6. Melampirkan surat pernyataan pendirian sebagai keabsahan harta awal sebuah yayasan.

Prosedur Pendirian Yayasan

Cara untuk mendirikan yayasan harus melakukan sesuai dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Melakukan pengajuan permohonan mendirikan yayasan kepada Dinas Sosial yang satu domisili.
  2. Dinas sosial kemudian menilai, lalu jika telah memenuhi syarat secara administratif, harus menyerahkan tanda bukti berupa keterangan penerimaan dokumen ke pemohon untuk dipertimbangan dan memperisapkan jadwal survei atau peninjauan langsung di lapangan dan penyerahan sebuah dokumen ke TU.
  3. Berkas pemohon dan Berita Acara Peninjauan Lapangan langsung diserahkan ke koordinator tim teknis.
  4. Jika sesuai, akan langsung ditandatangani dan diberi nomor yang telah memiliki stempel oleh Kasi Satlak Kecamatan
  5. Menyerahkan berkas tanda bukti penerimaan kartu identitas sebagai bukti penerima Tanda Daftar Yayasan

Dalam pengesahan untuk pendirian sebuah yayasan dibutuhkan jangka waktu tertentu. Paling lambat untuk mendapat hasilnya, yakni 30 hari untuk menentukan yayasan tersebut dapat diberikan atau ditolak.

Biaya Pendirian Yayasan

Pada proses mendirikan yayasan ini tanpa mengeluarkan biaya sama sekali, namun memang harus cukup sabar menunggu prosesnya. Setelah pendirian yayasan berhasil, langkah selanjutnya dapat mendaftarkan nomor rekening yayasan untuk mempermudah kegiatan transaksi.

Apabila Anda membutuhkan jasa untuk mengurus pendirian yayasan, Legalitas Kita dapat membantu dengan pelayanan yang cepat. Cocok bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu karena sibuk mengurus usaha. Kunjungi website legalitaskita.id untuk mengetahui selanjutnya dan dapatkan harga yang terjangkau.