Cara Mengurus SIUJPT, Cepat, Mudah, dan Tepercaya

Anda yang ingin mendirikan usaha jasa transportasi mungkin bingung dengan pengurusan surat izinnya. Simak artikel ini untuk membantu Anda dalam mengurus SIUJPT.

Tidak semua orang mengetahui tentang proses mengurus izin usaha jasa transportasi. Di dalam prosesnya, pendirian usaha jasa transportasi memerlukan surat bernama SIUJPT. Apa itu SIUJPT? SIUJPT merupakan kependekan dari Surat Izin Usaha Jasa Transportasi.

Ketika mendirikan usaha yang bergerak di bidang jasa transportasi, Anda membutuhkan surat ini. Lalu, bagaimana cara membuat SIUJPT? Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Syarat Mengurus SIUJPT

Sama halnya dengan urusan legalitas perusahaan pada umumnya, Anda membutuhkan beberapa syarat untuk mengurus SIUJPT. Syarat yang Anda butuhkan antara lain sebagai berikut:

  1. Surat permohonan pengurusan SIUJPT
  2. Fotokopi KTP dan NPWP penanggung jawab perusahaan
  3. Salinan akta pendirian dan perubahan (jika terdapat perubahan)
  4. Salinan Surat Keputusan (SK) pengesahan pendirian dan perubahan dari Kemenkumham/Kementerian/Pengadilan Negeri
  5. Fotokopi NPWP badan usaha
  6. Salinan sertifikat bukti kepemilikan tempat usaha atau sewa bangunan
  7. Lampiran daftar karyawan dan peralatan kantor
  8. Lampiran bukti setor bank senilai modal disetor dalam Akta Notaris

Cara Mengurus SIUJPT

Sekarang ini bukan lagi hal yang sulit jika ingin mengurus SIUJPT. Simak prosedur atau cara mengurus siujpt online berikut ini.

  1. Mengajukan Permohonan kepada Pemerintah Setempat

Pengajuan SIUJPT dapat Anda lakukan dengan mengajukan permohonan kepada pemerintah atau Dinas Perhubungan setempat. Dalam melakukan permohonan, Anda harus menyertakan rekomendasi penyelenggara pelabuhan. Jika wilayah Anda tidak memiliki pelabuhan, maka sertakan rekomendasi dari Otoritas Transportasi lain.

  1. Peninjauan atas Permohonan Izin Usaha Jasa Transportasi

Pejabat yang berwenang akan meninjau permohonan Anda dan mengecek kembali syarat yang telah Anda lampirkan. Tahap ini biasanya akan berlangsung paling lama 14 hari kerja sejak pejabat terkait menerima permohonan Anda.

Jika syarat telah lengkap, maka pemerintah setempat akan segera menerbitkan Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi. Namun, apabila syarat yang Anda lampirkan ternyata belum lengkap, maka permohonan akan ditolak. Anda dapat mengajukan permohonan ulang dan melengkapi persyaratan.

  1. Mendapat Izin Usaha Jasa Transportasi

Surat Izin Usaha Jasa Transportasi berlaku selama perusahaan yang Anda miliki beroperasi aktif. Lebih lanjut, perusahaan Anda harus beroperasi selama minimal 3 bulan berturut-turut dan membuat laporan rutin. Jika perusahaan Anda tidak melapor, maka izin usaha akan dicabut atau dibekukan.

Catatan tambahan, perusahaan jasa pengurusan transportasi memiliki tanggung jawab kepada legalitas pemilik barang. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisasi risiko atau kerugian yang timbul. Dalam hal ini, perusahaan dianjurkan untuk membuat proposal teknis terkait syarat pengajuan SIUJPT.

Biaya Pengurusan SIUJPT

Dalam pengurusan SIUJPT, petugas tidak boleh meminta biaya sepeser pun. Oleh karena itu, dapat Anda simpulkan bahwa biaya pengurusannya gratis.

Ketentuan ini mengacu pada Peraturan Daerah tentang Retribusi Perizinan Tertentu. Anda wajib menolak jika dalam pengurusannya, Anda diminta untuk memberikan sejumlah uang.

Mengapa Perlu Mengurus SIUJPT?

Peraturan Menteri Perhubungan No.49 Tahun 2017 mengatur bahwa setiap perusahaan jasa pengurusan transportasi wajib menyesuaikan izin usahanya. Pemilik perusahaan yang sebelumnya sudah memiliki surat izin, perlu mengurus kembali berdasarkan ketentuan terbaru. Begitu pula dengan perusahaan baru pun juga harus mengurus izin berdasarkan aturan terbaru.

Oleh karena itu, Anda yang memiliki perusahaan di bidang jasa pengurusan transportasi harus segera mengurus SIUJPT. Jika tidak, maka perusahaan Anda dapat terkena sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Itulah cara yang harus Anda lalui dalam mengurus SIUJPT. Jika ingin mengurus surat ini tanpa mengalami kendala dan hambatan, Anda dapat menggunakan jasa kami di legalitaskita.id. Kami dapat membantu Anda menyelesaikan pengurusan SIUJPT dengan syarat akurat, proses mudah dan cepat.