Cara Mudah Buat CV Online Melalui Sistem AHU Online

Persekutuan komanditer atau yang biasa disebut CV merupakan persekutuan yang didirikan oleh paling sedikit dua orang. Kedua orang tersebut kemudian mempercayakan uang maupun barangnya untuk menjalankan usaha kepada seseorang atau beberapa orang. Setiap tahunnya, prosedur pendirian CV ini berbeda, terbukti dengan adanya sistem buat CV online baru-baru ini.

Jika Anda tidak up to date dan memahami syarat pendaftaran CV yang terbaru, mungkin Anda akan mengalami kesulitan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara pendaftaran CV terbaru melalui sistem online. Hal ini bertujuan agar bisnis Anda tidak terhambat untuk beroperasi.

Sebelum mengetahui bagaimana cara pendaftaran CV secara online, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu syarat mendirikan CV 2018.

Syarat-syarat Mendirikan CV

Sebelum melakukan pendaftaran CV, ada baiknya mempersiapkan beberapa persyaratan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa syarat yang wajib Anda miliki saat hendak mendaftarkan CV Anda.

  • Nama CV yang belum digunakan oleh badan usaha lain dan tidak memiliki kemiripan dengan lembaga negara atau pemerintah.
  • Nomor NPWP Direktur dan Komusaris.
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan.
  • Identitas Direktur dan Komisaris.
  • Penjelasan terkait bidang usaha yang dijalankan oleh CV Anda.

Setelah mengetahui syarat-syarat pembuatan CV, Anda juga perlu mengetahui pperbedaan sistem terbaru yang ada di CV online. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mengalami kesulitan dan kendala saat melakukan pembuatan CV secara online.

Sistem Pembuatan CV Online

Berdasarkan Permen Hukum dan HAM RI No. 17 tahun 2018, kini pendirian badan usaha memiliki sistem yang lebih mudah. Anda hanya perlu akta pendirian CV dengan sistem daring melalui Sistem Admidnistrasi Badan Usaha (SABU). Setelah itu, Anda dapat mendaftarkannya di Pengadilan Negeri yang ada di tempat tinggal Anda.

Badan usaha yang sudah didaftarkan ini memiliki jangka waktu selama satu tahun. Selepas itu, badan usaha yang telah didaftarkan wajib melakukan pencatatan pendaftaran lagi. Pada proses pencatatan pendaftaran ini Anda dapat menggunakan nama CV yang sudah terdaftar secara resmi di SABU.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak informasi terkait prosedur pendaftaran CV online pada penjelasan selanjutnya.

Prosedur Pembuatan CV Online

APLIKASI AHU

Akses pembuatam CV online hanya dapat dilakukan melalui sistem resmi Kementerian Hukum dan HAM bernama AHU Online. Adapun cara pendaftaran CV secara online adalah sebagai berikut:

  1. Akses sistem pendaftaran CV di AHU online dilakukan melalui https://ahu.go.id, kemudian log in dengan mengklik menu Sitem Administrasi Badan Usaha.
  2. Masukkan username dan password Anda. Untuk log in notaris, Anda dapat menggunakan username serta password yang sama seperti pada aplikasi SABH. Setelah itu, klik masuk.
  3. Melakukan pengajuan nama CV dengan mengklik menu Persekutuan Komanditer (CV), lalu pilih menu Pengajuan Nama dan Daftar Pengajuan Nama CV.
  4. Klik menu Pengajuan Nama CV dan isi form secara lengkap. Jika sudah selesai, pilih ikon Cari.
  5. Selanjutnya, sistem akan mengecek apakah nama CV yang Anda daftarkan sudah pernah dipakai atau belum. Selain itu, sistem juga akan memunculkan beberapa list CV yang memiliki kemiripan dengan nama usulan CV Anda.
  6. Jika nama CV yang Anda ajukan sudah tidak mengalami kendala, langkah selanjutnya yaitu mengklik Ajukan Nama. Kemudian, pilih menu Ajukan Nama pada halaman pop up yang muncul.
  7. Setelah melakukan pengajuan nama, Anda sudah mulai bisa mendaftarkan CV Anda dengan cara mengklik menu Persekutuan Komanditer (CV). Setelah itu, pilih menu Pendaftaran, lalu klik menu Pendaftaran CV.
  8. Input nomor pengajuan nama, selanjutnya klik Lanjut.
  9. Pada pop up yang muncul, klik pada checkbox Centang untuk Melanjutkan dan pilih Lanjut.
  10. Isi form pendaftaran CV dengan lengkap dan benar. Pada bagian Kegiatan Usaha, Anda hanya perlu memilih salah satu jenis usaha saja, disesuaikan dengan jenis usaha CV Anda.
  11. Setelah form pendaftaran sudah terisi penuh, selanjutnya akan muncul pop notifikasi. Pada pop up notifikasi tersebut, klik semua checkbox yang berisi pernyataan, lalu klik Setuju.
  12. Selanjutnya, akan muncul pratinjau dari form pendaftaran CV yang sudah Anda isi. Teliti kembali dan jika sudah dirasa yakin, kemudian pilih lanjut.
  13. Setelah itu, akan muncul pop up notifikasi yang akan mengarahkan Anda ke halaman Daftar Transaksi CV. Klik OK, Lihat Daftar Transaksi CV pada halaman pop up yang muncul.
  14. Lakukan konfirmasi dan jangan lupa untuk mendownload Surat Keterangan Terdaftar.
  15. Unggah akta pendirian CV, kemudian kllik checkbox dan pilih ikon Konfirmasi. Selanjutnya, klik Lanjut pada halaman pop up yang muncul.
  16. Unduh Surat Keterangan Terdaftar dengan cara mengklik menu Daftar Transaksi CV dan pilih nama CV Anda. Setelah itu, tampilan Surat Keterangan Terdaftar akan muncul dan kemudian unduh surat tersebut.

Bagi yang sudah mendaftarkan CV secara offline namun belum didaftarkan secara online, maka Anda tidak perlu mengajukan pendaftaran nama terlebih dahulu. Anda dapat langsung memasuki tahap pencatatan pendaftaran CV dengan langkah-langkah sama persis seperti di atas. Biaya mendirikan CV dengan sistem online ini dapat Anda bayarkan melalui bank.

Di era modern seperti ini proses pembuatan CV mengalami beeberapa perubahan dan semakin dipermudah. Saat ini, Anda sudah dapat mendaftarkan CV Anda secara online melalui sistem AHU online. Namun, sebelum Anda melakukan pendaftaran CV secara online, Anda perlu mempersiapkan terlebih dahulu syarat-syarat yang dibutuhkan serta mengetahui prosedur pembuatannya.

Demikian beberapa informasi mengenai cara buat CV online. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk melakukan pengurusan, Anda dapat menggunakan jasa LEGALITASKITA. Jasa pembuatan perizinan usaha kami sudah terpercaya dan memiliki harga yang terjangkau dan waktu pengerjaan yang cepat.

Share this article:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Legalitas Kita
Hotline : +62 811 1778 805 / +62 821 1200 7880; dan
email : info@legalitaskita.com