Sudahkah Anda mendaftarkan Merek Dagang Anda?

Merek Dagang atau dalam Bahasa Inggris-nya Brand tidak hanya menjadi identitas suatu barang atau jasa yang dijual kepada konsumen, akan tetapi sudah menjadi Hak Kekayaan Intelektual yang dimiliki suatu usaha secara hukum. Merek dagang dapat meningkatkan nilai suatu barang/jasa secara signifikan dan merupakan simbol kepercayaan konsumen terhadap suatu barang/jasa.

Saat ini para produsen dan pemilik usaha berlomba-lomba untuk mem- branding barang/jasa yang mereka jual agar mendapatkan tingkat kepercayaan dan nilai tertentu di mata para konsumen. Selain menjadi pembeda dari barang/jasa lain, merek dagang juga merupakan jaminan atas kualitas tertentu yang sudah di capai produsen atau pemilik usaha. Namun apakah anda tahu untuk mendapatkan jaminan secara hukum, merek dagang yang sekarang anda miliki dan anda perdagangkan harus di daftarkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari produsen atau pelaku usaha lain yang ingin meniru produk/jasa yang anda jual. Lebih jauh lagi pendaftaran merek dagang dapat menghindari “brand” yang sudah susah payah anda bangun “keduluan” dipakai orang lain.

Proses pendaftaran merek dagang sebenarnya cukup mudah dan cepat. Pendaftaran merek dagang dapat dilakukan oleh perorangan maupun badan usaha/badan hukum. Merek dagang merupakan kombinasi antara logo, huruf/angka dan jenis barang/jasa yang didaftarkan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI). Anda dapat mendaftarkan merek dagang anda dengan mengajukan ketiga kombinasi tersebut ditambah dengan tanda tangan elektronik, email dan nomor telepon pemohon serta membayar PNBP (Penghasilan Negara Bukan Pajak) kepada Ditjen HKI apabila tidak ada penolakan, maka merek dagang anda telah sah terdaftar secara hukum.

Hal yang perlu diperhatikan jika berbicara tentang pendaftaran merek dagang adalah proses dari mulai permohonan hingga penerbitan sertifikat merek dagang yang cukup memakan waktu. Proses ini memakan waktu hingga 18 bulan. Untuk itu perlu penelitian dan penelusuran yang cukup intens di awal proses pendaftaran merek dagang agar permohonan anda tidak ditolak.

Aturan dalam pendaftaran merek adalah tidak boleh memiliki kesamaan dengan merek dagang lain. Kesamaan ini dinilai dari 3 kombinasi yang di awal artikel kami telah bahas, yaitu logo, nama (huruf/angka) dan kelas (jenis barang/jasa yang anda jual). Merek dagang juga tidak boleh bertentangan ideologi negara, moralitas agama dan ketertiban umum. Selain itu pendaftaran merek berlaku sistem first come, first serve yang artinya siapa yang lebih dahulu mendaftarkan merek dagang nya maka yang bersangkutan lebih memiliki hak untuk mendapatkan claim atas merek dagang tersebut.

Agar merek dagang anda tidak di daftarkan orang lain, ada baiknya dari sejak awal anda mendaftarkan merek dagang yang anda miliki.  Ada beberapa tips yang dapat kami berikan dalam pendaftaran merek dagang. Pertama, selain mempertimbangkan dari segi falsafah marketing, estetika dan korelasi dengan produk/jasa yang diperdagangkan, sebaiknya gunakan logo yang unik berupa kombinasi antara huruf gambar dan angka yang berbeda dengan merek dagang lain. Kedua, siapkan beberapa kandidat logo dan nama lain agar menghemat waktu apabila proses permohonan pendaftaran merek anda ditolak. Terakhir dan yang tidak kalah penting, konsultasi kan proses pendaftaran merek dagang anda ke konsultan profesional yang sudah anda percaya.

Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penelitian dan penelusuran merek dagang anda, sehingga tidak harus menunggu 18 bulan untuk mengetahui merek anda ditolak. Selain itu, dengan menggunakan jasa konsultan profesional anda dapat mengetahui tahap selanjutnya apabila ada indikasi permohonan pendaftaran merek dagang anda ditolak. Umumnya jika terdapat indikasi penolakan, konsultan profesional akan mengarahkan anda untuk mengambil langkah terbaik yang dapat anda lakukan, baik itu untuk melakukan proses sanggah maupun proses banding untuk pendaftaran merek dagang yang mengalami penolakan.

Jika Anda masih ingin tahu lebih banyak tentang pendaftaran merek dagang, Anda bisa menghubungi Legalitaskita di 08111778805 atau kunjungi website Kami di www.legalitaskita.id. Kami akan memberikan konsultasi gratis seputar pendaftaran merek dagang dengan konsultan profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya.