7 Keuntungan Mendirikan PT, Lebih Baik untuk Usaha Anda

Mau berbisnis? Bikin PT saja. Ini 7 keuntungan mendirikan PT yang pasti akan lebih baik untuk pengembangan usaha Anda.

Jika Anda ingin berbisnis, mendirikan PT merupakan solusi terbaik. Ini karena ada sejumlah keuntungan mendirikan PT yang tidak dimiliki badan usaha lain, bahkan untuk usaha mikro sekalipun.

Sebagai badan usaha, ada beberapa kelebihan PT daripada badan usaha lain, apalagi dari bisnis perorangan non-PT. 

Postingan ini akan menunjukkan pada Anda apa saja:

  • 7 keuntungan mendirikan PT dan alasannya.

Mari mulai dari poin pertama.

1. Branding Lebih Profesional

Dari berbagai segi, PT lebih terkesan bergengsi, profesional, dan bonafide (tepercaya).

Bayangkan Anda bertemu dengan calon klien dan menyebutkan bahwa Anda CEO dari PT. Perusahaan Anda. Tentunya trust mereka akan lebih besar.

Hal ini berlaku juga ketika Anda berhadapan dengan supplier, investor, customer, dan pihak yang berkepentingan (stakeholder) lainnya. Mereka akan lebih mudah percaya bahwa bisnis Anda dikelola secara profesional, sehingga lebih mudah bertransaksi dengan Anda.

2. Mudah Mendapatkan Tambahan Modal

Modal PT terkumpul dan terbagi dalam bentuk saham. Untuk mendapatkan tambahan modal, Anda bisa dengan mudah memecah sebagian porsi saham tersebut dan menawarkannya ke investor.

Opsi lain, Anda bisa mengajukan utang modal ke kreditur, baik bank maupun venture capital. PT memiliki tata kelola dan laporan keuangan yang profesional, jadi potensi untuk mendapatkan kepercayaan dari kreditur sangat besar.

Pada tingkat lanjut, Anda juga lebih mudah untuk go public dengan cara listing di bursa saham atau melakukan IPO.

3. Lebih Banyak Peluang

PT memiliki keistimewaan dengan mendapatkan izin untuk bekerja sama dengan perusahaan asing. Selain itu, beberapa bidang usaha tertentu memberikan syarat badan usaha berbentuk PT, contohnya seperti bidang perbankan dan keuangan.

Peraturan OJK no 77 th 2016

Tak hanya itu, beberapa tender, baik dari pemerintah maupun swasta pun mengharuskan pesertanya harus badan usaha berbentuk PT. Contohnya seperti di bidang jasa konstruksi dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan 1 PT untuk menjalankan beberapa usaha sekaligus. Baca artikel kami yang lain tentang “Mendirikan PT untuk Beberapa Usaha Sekaligus”.

Jadi, memiliki PT akan memberikan Anda peluang lebih besar dan lebih banyak dalam dunia usaha.

4. Perlindungan Hukum Lebih Pasti

Pembentukan PT diatur dalam Perpu dan Undang-undang sehingga payung hukumnya lebih pasti. Hal ini berbeda dengan CV, Firma, atau usaha pribadi yang tidak teratur di sana.

Undang undang tentang pt

Secara umum, semua kesepakatan kerjasama tersebut tergolong dalam hubungan perdata yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Akan tetapi, jelas bahwa payung hukum PT lebih pasti.

Dengan demikian, segala hal tentang merek, logo, nama, termasuk hak atas kekayaan intelektual (HaKI) dan atribut terkait brand Anda jadi lebih terlindungi.

5. Kelangsungan Perusahaan Terjamin

PT tidak seperti CV atau Firma yang salah satu pihak dapat melakukan pembubaran kerjasama dengan mudah. Selama pemegang saham tidak sepakat, PT dapat tetap ada jika tidak pailit atau dibubarkan berdasarkan undang-undang.

UU no 40 thn 2007 tentang PT

Selain itu, kepemilikan saham atas PT pun dapat dialihkan dengan mudah. Ini membuat PT dapat bertahan tanpa batas atau sesuai batas waktu yang jadi kesepakatan.

6. Harta Pribadi Lebih Aman

Bentuk usaha berupa usaha pribadi, CV, atau Firma, memiliki keuangan yang sulit dipisahkan dari keuangan personal pendirinya. Jadi, jika usaha tersebut bangkrut, maka aset pribadi pendiri dapat terseret.

UU no 40 thn 2007 tentang PT

Keuntungan PT, yaitu tercatat terbatas pada modal yang Anda sertakan. Jika PT Anda bangkrut dan memiliki utang besar, hanya aset PT tersebut yang akan terseret. Jadi, harta pribadi Anda tidak tersentuh.

7. Pendirian PT Sangat Mudah

Setelah berlakunya UU Cipta Kerja 2020 yang direvisi dengan Perpu No. 2 tahun 2022, syarat mendirikan PT menjadi sangat mudah.

Anda tidak harus memiliki modal hingga ratusan juta atau miliaran rupiah. Selain itu, pendirian PT juga bisa atas nama 2 atau bahkan 1 pemilik.

Apalagi jika Anda menggunakan jasa LegalitasKita.id. Semua proses akan lancar dan terlewati dengan mudah. Anda cukup bersantai dan biarkan kami mengurus semuanya sampai PT Anda berdiri.

Dapatkan segala keuntungan mendirikan PT tersebut dengan mudah bersama LegalitasKita.id.