Mendirikan PT untuk Beberapa Bidang Usaha? Bisa, Asalkan Ini

Bisakah mendirikan PT untuk beberapa bidang usaha? Jika bisa, bagaimana syarat dan prosedurnya?

Ketika Anda menjalankan bisnis, mungkin terpikir ingin mendirikan PT untuk beberapa bidang usaha sekaligus, terlebih setelah mengetahui keuntungan mendirikan PT.

Sebelum Anda menjalankan ide ini, sebaiknya baca dulu penjelasan berikut.

Postingan ini akan menguraikan pada Anda tentang:

  • Bolehkah mendirikan PT untuk beberapa usaha sekaligus?
  • Faktor apa saja yang perlu jadi perhatian?
  • Bagaimana prosedurnya untuk menjalankan beberapa usaha sekaligus dengan satu PT?

Simak ulasannya sampai selesai.

Bolehkah Mendirikan PT untuk Beberapa Bidang Usaha Sekaligus?

Anda boleh dan bisa mendirikan PT untuk beberapa bidang usaha sekaligus. Baik undang-undang maupun peraturan turunannya tidak dengan tegas melarang Anda melakukannya.

Mungkin, alasan Anda membuat hanya 1 PT untuk beberapa macam usaha tersebut karena ingin:

  1. lebih praktis, tidak mengurus izin berkali-kali,
  2. memiliki backup usaha, atau
  3. membuat uang cepat berputar dengan mengambil peluang yang terlihat saat ini.

Apapun alasannya, Anda bisa menjalankan beberapa bidang usaha sekaligus dalam 1 payung perusahaan. Tentunya dengan beberapa syarat.

Syarat Mendirikan PT dengan Beberapa Usaha

Pertama, pastikan usaha yang Anda jalankan masih satu kategori dalam KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia).

Terdapat 21 kategori lapangan usaha dalam sistem perizinan terintegrasi OSS (Online Single Submission) yang perlu Anda pilih saat mengajukan izin PT.

mendirikan pt untuk beberapa bidang usaha

Misal, perusahaan Anda bergerak di perkebunan kelapa sawit (kategori A), maka akan sesuai jika Anda menjalankan usaha produksi dan distribusi minyak goreng sekaligus.

Kedua, pastikan usaha tersebut sudah Anda sebutkan dalam AD/ART perusahaan.

Sebagai badan usaha, tentunya PT Anda memiliki AD/ART. Jika melakukan usaha yang tidak sesuai dengan AD/ART, maka perusahaan Anda sudah menyimpang dari ketentuan perundang-undangan.

Jika ternyata ide tersebut datang saat izin perusahaan Anda sudah keluar, maka Anda perlu mengubah AD/ART perusahaan. Kalau mau mengubah AD/ART, Anda harus melakukannya melalui prosedur RUPS sesuai ketentuan.

pasal 18 dan 19 uu no 40 th 2007 tentang pendirian pt

Ketiga, beberapa bidang usaha tidak bisa sama sekali untuk digabung dengan usaha lain. Contoh KBLI yang tidak dapat digabung seperti usaha Rumah Sakit, penyelenggaraannya harus badan usaha yang hanya bergerak di bidang tersebut.

Terakhir, Anda juga perlu memperhatikan risiko dan kesulitan dalam manajemennya. 

Jangan sampai karena nafsu ingin menjalankan banyak bidang usaha, manajemennya jadi berantakan, sehingga membuat perusahaan Anda sulit bertumbuh.

Prosedur Mendirikan PT untuk Beberapa Usaha

Dengan diluncurkannya sistem OSS, Anda kini dapat lebih mudah mengajukan dan memantau izin perusahaan Anda, termasuk mendirikan PT dengan beberapa usaha.

Prosedurnya sama seperti cara membuat PT biasa, hanya sedikit berbeda dalam penyusunan AD/ART dan pendaftaran izin via OSS.

prosedur pendirian pt

Pada saat penyusunan AD/ART, Anda perlu mencantumkan secara tertulis bidang apa saja yang akan Anda jalankan.

Setelah itu, pada saat pendaftaran online via OSS, Anda perlu meng-input bidang usaha tersebut dalam kolom maksud dan tujuan.

prosedur pendirian pt

Data tersebut harus sesuai dengan AD/ART serta kode KBLI. Karena itu, dalam penyusunan AD/ART, Anda juga harus paham Klasifikasi Baku Lapangan Usaha menurut pemerintah.

Ingin yang lebih mudah? Anda dapat mempercayakan proses izinnya ke LegalitasKita.id. Kami akan membantu Anda dari mulai penyiapan pendirian sampai perusahaan Anda terdaftar resmi di pemerintah.

Tak perlu khawatir jika ingin mendirikan PT dengan beberapa usaha sekaligus. Kami akan membantu Anda agar proses perizinan lancar dan Anda tinggal tunggu kabar baiknya.