Pendaftaran Merek Menganut Sistem First Come First Serve, Jangan Sampai Terlambat untuk Mendaftarkan Merek Anda

Punya merek produk? Jangan tunda untuk mendaftarkannya, sehingga didahului yang lain. Simak selengkapnya untuk tahu keuntungan dari pendaftaran merek.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, pendaftaran merek menjadi penting bagi pemilik sebuah usaha. Salah satunya untuk mencegah terjadinya plagiarisme, sehingga mempersulit orang lain untuk meniru usaha yang sama dengan yang Anda miliki.

Pendaftaran merek menganut sistem first to file atau siapa yang terlebih dahulu mendaftar, berhak mendapat hak perlindungan merek. Sehingga Anda harus cepat sebelum orang lain merebut merek Anda.

Selain itu, juga ada banyak keuntungan dengan mendaftarkan merek. Simak untuk tahu apa saja keuntungan yang didapatkan saat Anda telah melakukan pendaftaran merek.

Keuntungan Melakukan Pendaftaran Merek  Dagang

Sumber gambar: the-benefits-of-5d2edaf5.jpg (849×565) (mijobrands.com)

1. Mendapatkan Perlindungan Hukum

Menurut Bapak Razilu, Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, merek yang terdaftar akan mendapatkan perlindungan hukum dalam jangka waktu 10 tahun. Jangka waktu ini terhitung sejak tanggal penerimaan permohonan perlindungan merek dan Anda dapat memperpanjangnya.

Seperti sengketa yang baru-baru ini terjadi antara merek dagang PS Glow dan MS Glow. Keduanya mengklaim bahwa salah satu merupakan pioneer merek dagang tersebut, sementara yang lain merupakan plagiat.

Terlepas dari siapa yang benar, tentu yang lebih diuntungkan adalah mereka yang terlebih dahulu mendaftarkan merek dagangnya.

2. Menjadi Satu-satunya Pihak yang Berhak Menggunakan Merek

Ketika Anda telah melakukan pendaftaran merek dan diterima, setelah itu Anda berhak menggunakan merek tersebut untuk tujuan komersial atau lainnya. Sementara jika terdapat pihak lain yang ikut menggunakannya tanpa izin, Anda berhak melarang atau menuntut ganti rugi dari pihak tersebut.

Hal ini sesuai dengan bunyi Pasal 83 Undang-undang nomor 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Pemilik merek berhak mengajukan gugatan terhadap pihak lain yang secara tanpa hak menggunakan merek yang sama, baik pokoknya atau keseluruhannya.

Gugatan tersebut dapat berupa ganti rugi atau penghentian semua perbuatan terkait penggunaan merek tanpa izin. Anda dapat mengajukan gugatan tersebut pada pengadilan niaga.

3. Sebagai Media Promosi

Saat melakukan branding produk, tentu Anda harus mengenalkan satu nama merek pada konsumen Anda. Bayangkan jika Anda telah melakukan proses branding sekian lama, namun belum mendaftarkan merek dagang.

Sehingga bisa jadi yang diuntungkan adalah pihak lain yang ternyata lebih dulu mendaftarkan merek tersebut. Ketika Anda telah mendaftarkan merek, ini juga dapat menjadi nilai plus dan media promosi untuk produk Anda.

Tentu konsumen akan lebih mantap memilih produk yang memiliki legalitas dibandingkan yang belum.

4. Membuka Peluang Mengembangkan Bisnis Anda

Ketika merek Anda daftarkan, ini akan memudahkan Anda untuk bekerja sama dengan pihak lain, terutama untuk mengembangkan bisnis Anda. Mulai dari mengundang investor, franchise, ekspor, dan lainnya.

Tentu akan sulit melakukannya jika merek produk yang Anda pasarkan belum legal atau terdaftar.

5. Mencegah Plagiarisme Terhadap Produk Anda

Jika terdapat pihak lain yang meniru atau memproduksi produk yang sama persis dengan yang Anda miliki, Anda juga dapat melarang atau menggugat pihak tersebut. Sesuai dengan Pasal 83 Undang-undang nomor 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis.

Dengan begitu, Anda dapat menjamin keaslian ide dari produk yang Anda pasarkan, sehingga menambah nilai jual produk.

Penutup

Untuk pendaftaran merek, Anda dapat melakukan pendaftaran merek online melalui website merek.dgip.go.id. Buka situs tersebut dan isi kolom pendaftaran sesuai dengan data yang diminta pada pendaftaran merek DJKI (Dinas Jenderal Kekayaan Intelektual).

Segera daftarkan merek yang Anda punya dan nikmati semua keuntungan dari pendaftaran merek. Pastikan Anda tidak terlambat dan didahului yang lain, karena menggunakan sistem first to file, pendaftar pertama berhak menjadi pemilik merek.