Penting! Ini Biaya, Proses dan Syarat Perubahan Akta PT Terbaru

Perubahan AKTA PT harus dilakukan jika ada perubahan struktur perusahaan yang berpengaruh terhadap anggaran dasar perusahaan. Ini biaya, proses, dan syaratnya!

Perubahan struktur pada perusahaan memang sangat umum terjadi karena berbagai faktor yang mendasari. Namun yang harus diperhatikan, perubahan struktur yang berpengaruh pada anggaran dasar pada akta perusahaan juga membuat Anda harus melakukan perubahan akta PT.

Perubahan yang terjadi dapat terkait dengan penambahan bidang bisnis baru, perubahan pemilik perusahaan, dan lain sebagainya. Sebagai perusahaan Perseroan Terbatas (PT), setiap perubahan apa pun harus mengikuti ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Daftar Perubahan yang Perlu Disahkan Kemenkumham

Berikut ini adalah berbagai perubahan pada anggaran dasar yang memerlukan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM

  • Perubahan Nama PT, apabila terjadi perubahan pada identitas perusahaan tentu harus melakukan perubahan pada AKTA
  • Berpindah tempat domisili PT, perlu dilakukan penegasan ulang karena terkait dengan penagihan pajak perusahaan
  • Berganti orientasi bisnis, ketika Anda melihat ada peluang bisnis baru maka Anda juga harus memikirkan terkait legalitas hukum. Apabila bisnis baru yang Anda jalankan tidak ada pada akta perusahaan, maka hal ini akan menjadi masalah
  • Perubahan susunan direksi dan/atau komisaris, menunjukkan bahwa terjadi perubahan kepemilikan saham.
  • Perubahan jumlah modal dasar, jika Anda mengikuti tender yang mensyaratkan jumlah modal dasar dalam nominal tertentu, maka Anda juga perlu melakukan perubahan anggaran dasar pada akta PT.

Prosedur Perubahan AKTA PT

Setiap perubahan baik perubahan kecil maupun perubahan besar tetap memiliki pengaruh bagi perusahaan.

Jika perubahan tidak dilakukan sesuai dengan persyaratan dan ketentuan, maka konsekuensi hukum yang harus diterima perusahaan cukup berat.

Bagaimana prosedur perubahan akta PT dan syarat yang harus Anda lengkapi?

Prosedur yang harus Anda lalui berbeda-beda sesuai dengan apa yang mengalami perubahan. Misalkan perubahan nama PT, maka Anda harus mengambil keputusan tersebut bersama dengan RUPS.

Perubahan AD/ART dan perubahan pada aspek data perseroan juga harus meminta izin kepada Menkumham.

Perusahaan harus melaporkan kepada Menkumham terkait perubahan yang terjadi melalui notaris. Kemudian, notaris akan mengeluarkan akta perubahan dan melakukan pelaporan ke Kemenkumham.

Anda harus melampirkan berbagai informasi detail mengenai perubahan apa yang terjadi dan jenis perubahan anggaran dasar apa yang ingin Anda lakukan.

Kemudian, Anda juga harus melengkapi persyaratan dari perubahan anggaran dasar seperti  KTP para pemegang saham, komisaris, direksi dari perusahaan Anda beserta dengan NPWP pribadi masing-masing.

Biaya Melakukan Perubahan Akta PT

Biaya perubahan akta perusahaan memang berbeda tergantung jasa notaris dan biro perizinan yang Anda gunakan. Namun, kisaran biaya yang perlu Anda keluarkan tidak berbeda jauh.

Biaya untuk melakukan perubahan terkait AD/ART ialah sekitar Rp4.000.000 – Rp7.000.000.

Apabila Anda melakukan perubahan terkait data perseroan maka biaya yang perlu Anda keluarkan berkisar antara Rp2.000.000 – Rp5.000.000.

Biaya yang Anda keluarkan bisa jadi lebih besar terkait dengan adanya kemungkinan biaya lainnya.

Lamanya Proses Perubahan Akta Perusahaan

Sama seperti biaya, lamanya proses perubahan akta perusahaan juga bervariasi tergantung pada perubahan apa yang Anda lakukan. Pada umumnya, notaris akan meminta waktu selama 1 minggu untuk melakukan pengurusan perubahan akta perusahaan.

Menggunakan jasa profesional untuk mengurus legalitas perusahaan bisa menjadi solusi yang lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu mengurus sendiri, sehingga bisa fokus untuk menjalankan bisnis.

Anda bisa menggunakan jasa legalitaskita.id yang siap untuk memenuhi berbagai keperluan pengurusan legalitas perusahaan Anda. Dengan menggunakan jasa legalitaskita.id, proses perubahan akta perusahaan akan lebih mudah dan Anda tidak perlu repot mengurusnya sendiri.