Jasa Pendirian Usaha Terbaik & Terlengkap

Solusi mudah untuk pendirian pt, cv, yayasan, pendaftaran merek dan lainnya

Pentingnya Mendaftarkan Merek (Brand) Bagi Usaha Anda

Brand atau merek merupakan identitas suatu hasil produk usaha Anda. Merek akan melekat pada produk-produk maupun jasa yang Anda hasilkan termasuk tercantum dalam website, bahkan pada akun media sosial dan marketplace tempat Anda menjual produk atau jasa.

Banyak yang menyamakan merek sebagai nama PT, namun merek usaha atau merek dagang bisa saja berbeda dengan nama PT Anda. Merek merupakan kombinasi logo dan nama yang melekat pada produk atau jasa yang Anda jual, sedangkan nama PT adalah legalitas usaha atau perizinan yang Anda daftarkan untuk disahkan kepada Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Administrasi Hukum Umum (AHU).

Merek sendiri juga didaftarkan kepada Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, namun untuk proses pendaftarannya akan melalui Ditjen Kekayaan Intelektual (DJKI)  dengan menyertakan Identitas Badan Usaha atau Perseorangan, Etiket Merek, Tanda Tangan Elektronik serta Keterangan Bidang usaha yang akan didaftarkan.

Perlu diketahui untuk mendaftarkan merek Anda tidak boleh memiliki logo, nama dan bidang usaha yang sama dengan merek yang sudah terdaftar. Jangankan sama, ada kemiripan dengan merek lain pun akan berakibat ditolaknya permohonan Anda. Untuk itu Anda harus segera mendaftarkan merek usaha/dagang/produk Anda melalui konsultan yang  bisa dipercaya. Hal ini untuk mendapatkan informasi yang jelas terkait proses pendaftaran merek yang sekaligus dapat memininalisir risiko penolakan permohonan daftar merek Anda.

Perlu diketahui proses pendaftaran merek dapat memakan waktu yang relatif lama hingga terbitnya sertifikat merek, dan perlu diingat bahwa dalam pendaftaran merek salah satu asas yang berlaku adalah  “first to file”, sehingga besar kemungkinan pihak yang diakui secara resmi sebagai pemilik merek adalah pihak yang lebih dahulu mendaftarkan mereknya kepada pihak DJKI.

Untuk konsultasi gratis seputar pendaftaran merek Anda bisa menghubungi nomor telepon 08111778805 atau email ke info@legalitaskita.com atau kunjungi website kami di www.legalitaskita.id