Syarat Pengurusan SIUJPT dan Prosedurnya

Memiliki usaha di bidang transportasi mengharuskan Anda memiliki SIUJPT. Lalu, apa saja syarat pengurusan SIUJPT? Berapa biayanya? Simak penjelasan berikut ini.

Perusahaan transportasi masih menjadi lini bisnis yang menjanjikan hingga hari ini. Apabila Anda memiliki usaha di bidang transportasi maka Anda harus memiliki SIUJPT. Lalu apa saja syarat pengurusan SIUJPT?

Pada dasarnya, Anda hanya perlu mengajukan permohonan surat izin kepada Gubernur setempat dan Pemerintah Provinsi (PEMPROV) nantinya akan menerbitkan surat tersebut. Namun memang ada serangkaian persyaratan yang harus Anda penuhi.

SIUJPT ini tidak hanya berlaku untuk transportasi masyarakat secara umum namun juga untuk pelaku usaha logistik.

Lalu apa saja syarat-syaratnya? Bagaimana prosedur mengurus surat izin yang satu ini? Apakah dipungut biaya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Key points:

  1. SIUJPT diterbitkan oleh Pemerintah Provinsi setempat.
  2. Tidak hanya pemilik usaha transportasi yang mendukung mobilisasi masyarakat saja, namun pengusaha logistik juga wajib mengurus SIUJPT.

Apa Itu SIUJPT?

SIUJPT merupakan kependekan dari Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi. Seperti namanya, surat ini ditujukan untuk para pengusaha di bidang transportasi, baik transportasi manusia maupun pengiriman barang atau logistik.

Surat izin ini merupakan bukti bahwa PEMPROV atas nama Gubernur telah menyetujui suatu badan usaha untuk beroperasi sebagai penyedia jasa transportasi dalam negeri.

Namun apabila perusahaan merupakan investor asing, maka SIUJPT dikeluarkan oleh Badan Penanaman Modal.

Syarat Pengurusan SIUJPT

Seperti mengurus perizinan pada umumnya, ada serangkaian persyaratan yang harus Anda penuhi, mulai dari syarat teknis hingga administrasi. Apa saja hal-hal fundamental dalam mengurus SIUJPT?

Syarat teknis

Hal pertama yang harus Anda miliki adalah kantor fisik di mana Anda menjalankan seluruh usaha transportasi.

Tidak hanya bangunan saja, kantor juga harus memiliki sistem informasi dan komunikasi yang mumpuni. Nantinya, foto kantor akan menjadi salah satu syarat syarat pembuatan SIUJPT.

Syarat administrasi

Selain mengurus langsung dengan mendatangi kantor Dinas Perhubungan provinsi setempat, Anda juga bisa mengajukan permohonan SIUJPT onlinemelalui situs OSS.

Terlepas dari cara yang Anda pilih, berikut ini adalah syarat administrasi yang harus Anda penuhi ketika mengurus SIUJPT.

  • Akta Notaris dan SK dari Kemenkumham.
  • KTP dan NPWP pemilik perusahaan atau pemegang saham.
  • NPWP badan usaha.
  • Memiliki tenaga ahli WNI dengan kualifikasi pendidikan di bidang transportasi.
  • Perusahaan harus memiliki modal setidaknya Rp. 1.200.000.000 dan 25 persennya harus sudah melalui proses audit oleh akuntan publik.
  • Dokumen kepemilikan bangunan kantor atau bukti sewa setidaknya selama dua tahun terakhir.
  • Melampirkan dokumen tentang kebenaran data.
  • Memiliki setidaknya kendaraan roda empat untuk operasional.
  • Melampirkan foto tampak luar dan dalam kantor.

Prosedur mengurus SIUJPT

Nantinya, seluruh persyaratan bisa Anda serahkan langsung ke kantor Dinas Perhubungan provinsi dan menunggu konfirmasi berikutnya. Proses ini memakan waktu paling cepat 14 hari kerja.

Pejabat terkait akan menghubungi Anda apakah permohonan diterima atau ditolak. Apabila permohonan Anda belum memenuhi kualifikasi, Anda bisa mengulang semua prosesnya dari awal.

Namun jika permohonan Anda memenuhi kualifikasi, maka PEMPROV akan mengeluarkan surat izin tersebut. Masa berlaku SIUJPT sendiri adalah dua tahun, yang nantinya bisa Anda perpanjang melalui evaluasi berkala.

Setelah mendapatkan surat izin, Anda harus mengoperasikan perusahaan selama tiga bulan berturut-turut. Dinas Perhubungan juga mengharuskan Anda membuat laporan secara rutin, atau izin usaha bisa dicabut sewaktu-waktu.

Lalu berapa biaya mengurus SIUJPT? Merujuk pada Perda tentang Retribusi Perizinan Tertentu, PEMPROV tidak memungut biaya sama sekali.

Jasa Pengurusan SIUJPT Terpercaya

Kami mengerti betul bahwa prosedur mengurus SIUJPT cukup bertele-tele. Mulai dari melengkapi dokumen hingga menunggu surat izin terbit pun membutuhkan waktu hingga 30 hari kerja.

Bahkan jika terjadi kesalahan dalam pemberkasan Anda harus mengulang langkah-langkahnya dari awal dan mengantri lagi. Nah, apabila Anda akan mengurus surat izin baru maupun perpanjangan SIUJPT, jangan ragu untuk mempercayakannya kepada kami.

Legalitaskita adalah konsultan perijinan dengan reputasi cemerlang yang juga melayani pendirian badan usaha. Bersama kami, izin usaha akan lebih cepat terbit dan Anda pun tidak perlu repot mengurus sendiri. Hubungi kami dibawah ini.