Terlengkap! Cara dan Syarat Pendirian Firma Terbaru

Firma sering kali menjadi pilihan bagi seseorang yang ingin merintis usaha. Dalam pendirian Firma, Anda harus memahami dulu cara mendirikan dan syaratnya.

Ketika ingin memulai suatu usaha berbentuk Firma, Anda harus mengetahui terlebih dahulu dasar hukumnya. Pengaturan tentang pendirian Firma terdapat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHper).

Selain itu,  cara mendirikan Firma juga terdapat dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 17 Tahun 2018. Peraturan Menteri tersebut mengatur tentang pendaftaran Persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma, dan Persekutuan Perdata. Pembahasan lebih lanjut mengenai proses pendirian Firma, simak artikel dari kami berikut ini.

Syarat Mendirikan Firma

Sebelum mulai mendirikan usaha dalam bentuk Firma, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan. Adapun syarat yang wajib Anda lengkapi sebagai berikut:

  1. Jumlah pendiri minimal 2 orang
  2. Terdapat penyertaan modal
  3. Pembagian keuntungan dilakukan secara adil
  4. Pertanggungjawaban bersama
  5. Semua pihak berhak membuat kesepakatan atas nama Firma

Cara Pendirian Firma

Ketika ingin mendirikan Firma, Anda membutuhkan minimal 2 orang sebagai pendiri perusahaan. Sama halnya dengan mendirikan PT, Anda dapat mengajukannya seorang diri atau bersama dengan pendiri lain. Untuk proses lebih lanjutnya, simak prosedur berikut ini.

1.      Mengajukan Permohonan Nama Firma

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengurus nama perusahaan Firma. Anda wajib mengurusnya melalui Sistem Administrasi Badan Usaha. Adapun nama yang Anda ajukan sebagai nama perusahaan harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

  1. Menggunakan huruf alfabet
  2. Belum ada usaha lain yang menggunakan nama tersebut dalam Sistem Administrasi Badan Usaha
  3. Tidak memiliki kesamaan atau kemiripan dengan nama lembaga negara maupun lembaga pemerintah
  4. Bukan merupakan rangkaian angka atau rangkaian huruf yang tidak membentuk kata

Jika nama usaha Anda mendapat persetujuan, maka persetujuan pemakaian nama tersebut akan diberikan secara elektronik. Pemakaian nama yang telah mendapat persetujuan ini berlaku untuk jangka waktu paling lama 60 hari.

2.      Pembuatan dan Penandatanganan Akta

Pada tahap ini, Anda harus membuat Akta Pendirian di Notaris. Langkah ini sangat penting karena tanpa Akta Pendirian, Anda tidak akan dapat melanjutkan proses pendirian Firma. Setelah Akta Pendirian selesai, Notaris akan meminta Anda dan rekan Anda selaku pendiri perusahaan untuk menandatangani Akta tersebut.

3.      Permohonan Pendaftaran Pendirian Firma

Selanjutnya, Anda harus mengajukan permohonan pendaftaran melalui Sistem Administrasi Badan Usaha. Anda harus mengajukan permohonan ini paling lama 60 hari sejak tanggal akta pendirian firma telah ditandatangani. Permohonan tersebut dilakukan dengan cara mengisi Format Pendaftaran.

Ketika mengisi Format Pendaftaran, Anda juga harus melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan. Dokumen tersebut antara lain:

  1. Surat pernyataan dalam bentuk elektronik yang menyatakan bahwa dokumen pendaftaran telah lengkap
  2. Pernyataan dari Korporasi mengenai kebenaran informasi pemilik Firma
  3. Akta pendirian Firma yang memuat identitas pendiri, domisili, dan pekerjaan pendiri; jenis kegiatan usaha; hak dan kewajiban pendiri; jangka waktu Firma
  4. Fotokopi surat keterangan mengenai alamat lengkap Firma

Selain itu, Anda harus mengisi pernyataan elektronik yang menyatakan bahwa Format Pendaftaran telah sesuai. Begitu pula halnya dengan dokumen pendukung yang Anda sertakan juga telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

4.      Penerbitan SKT

Jika permohonan Anda diterima, maka pejabat yang berwenang akan menerbitkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan menyampaikannya kepada Pemohon secara elektronik. SKT yang telah Anda terima harus dicetak dan ditandatangani oleh Notaris.

Pada SKT tersebut harus memuat frasa “Surat Keterangan Terdaftar ini dicetak dari Sistem Administrasi Badan Usaha”.

Proses yang harus Anda lalui dalam pendirian Firma cukup panjang terutama bagi masyarakat awam. Jika Anda tertarik mendirikan Firma, gunakan jasa kami di legalitaskita.id. Kami siap membantu Anda dalam mengurus pendirian usaha untuk memudahkan dan mengefektifkan waktu Anda.