Contoh Akta Pendirian PT / CV

Apakah anda dalam proses mendirikan CV dan sedang mencari contoh akta pendirian PT / CV? Jika iya, maka anda telah mengunjungi situs yang tepat karena kali ini kita akan menyajikan contoh akta untuk anda.

Sebelumnya kami telah membahas tentang PT secara mendalam maka kali ini hanya CV saja yang dibahas karena pada dasarnya hampir sama (contoh akta PT / CV pada bagian bawah). 

Sebelum itu, ada baiknya kita tahu apa itu CV. Jadi CV atau Commanditaire Vennootschap merupakan badan usaha persekutuan yang didirikan dua orang atau lebih. Untuk mendirikan CV perlu sekali akta. Selain akta, perlu juga pembuatan surat keterangan domisili perusahaan. Untuk lebih jelasnya, berikut syarat  pendirian CV.

Syarat Pendirian CV 2019

Untuk mendirikan CV, ada syarat yang perlu dipenuhi seperti pengurusan surat-surat kelengkapan. Nah surat yang dimaksud antara lain yaitu

  1. Fotokopi atau scan E-KTP
  2. Fotokopi atau scan KK
  3. Fotokopi PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan bukti bayar PBB tahun terakhir
  4. Akta pendirian CV
  5. Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  6. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  7. Pengesahan Kemenkumham
  8. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  9. Surat Izin Usaha
  10. Surat Izin Komersil (khusus badan usaha yang membutuhkan izin khusus seperti obat-obatan atau makanan)
  11. Foto dalam kantor dan luar kantor

Untuk ulasan lebih lengkap tentang syarat pendirian CV, anda bisa baca di artikel Persyaratan Pendirian CV 2019. Untuk kali ini kita hanya akan fokus pada pembahasan contoh akta pendirian CV.

Akta Pendirian CV

Sebelum membahas tentang contoh akta pendirian PT / CV terbaru 2019, ada baiknya kita tahu apa sebenarnya akta itu. Jadi akta merupakan tulisan yang sengaja dibuat untuk bukti suatu peristiwa. Dalam hal ini, akta pendirian PT / CV berarti akta yang menjadi bukti pendirian PT / CV dan akta ini menjadi salah satu syarat legalitas PT / CV.

Akta PT / CV berisi tentang segala informasi yang berhubungan dengan PT / CV yang didirikan seperti nama perusahaan, lokasi perusahaan, dan lain sebagainya. Akta dibuat oleh notaris dan harus ditanda tangani juga oleh notaris. Penjelasan lebih lengkapnya, bisa anda baca di ulasan berikut.

Isi Akta Pendirian CV

Dari contoh akta pendirian CV 2019 dan contoh akta CV 2018 anda pasti tahu bahwa isi keduanya hampir sama. Isi yang biasa tercantum dalam akta pendirian CV antara lain yaitu

  1. Nama CV, jadi di CV selalu ada keterangan tentang nama resmi perusahaan yang didirikan.
  2. Tempat kedudukan resmi perusahaan
  3. Bidang usaha yang dijalankan dalam CV yang didirikan
  4. Tujuan didirikannya CV
  5. Jumlah modal pendirian CV
  6. Sistem kepengurusan di perusahaan
  7. Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga perusahaan

Syarat Pembuatan Akta Pendirian CV

Bagi anda yang ingin memproses pembuatan akta pendirian CV, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi. Syarat ini nanti harus anda serahkan pada notaris agar pembuatan CV bisa segera diproses oleh notaris. Syarat yang dimaksud antara lain yaitu

  1. Fotokopi KTP direktur dan komisaris (persero pasif)
  2. Fotokopi NPWP direktur dan komisaris
  3. Mempersiapkan Nama CV (nama CV menggunakan dua suku kata dan boleh menggunakan bahasa asing)
  4. Penjelasan tentang bidang usaha yang akan dijalankan
  5. Pas foto direktur ukuran 3 x 4 dengan background merah

Proses Pembuatan Akta Pendirian CV

Pembuatan akta pendirian CV bisa dibilang cukup rumit karena anda harus melakukan beberapa tahapan berikut ini

  1. Mendatangi notaris lalu menyerahkan dokumen yang diperlukan
  2. Notaris melakukan pengecekan nama CV. Saat ini nama CV tidak boleh sama, jadi saat anda mengajukan nama, notaris akan mengecek ketersediaan nama terlebih dahulu.
  3. Jika nama yang anda ajukan tersedia dan bisa digunakan, notaris akan langsung membuatkan draft akta CV anda.
  4. Setelah draft selesai dibuat notaris, anda bisa mengecek dan melihat apakah ada yang perlu direvisi atau tidak.
  5. Jika sudah cocok dan fix kebenarannya, akta ditandatangani oleh direktur dan komisaris di hadapan notaris.
  6. Notaris membuat salinan akta CV lalu mendaftarkan akta di Kementerian Hukum dan HAM agar akta sah. Nantinya akan diberi juga Surat Keterangan Terdaftar.

Selesai, proses pembuatan akta pendirian CV hanya pada enam tahap di atas dan semuanya diurus oleh notaris. Saat mengurus pendaftaran akta, notaris biasanya juga akan mendaftarkan NPWP perusahaan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Perbedaan Pembuatan Akta CV 2018 dengan Akta Pendirian CV 2019

Anda perlu tahu bahwa proses dan syarat pembuatan CV 2019 di atas berbeda dengan tahun 2018. Berikut letak perbedaannya.

1. Pendaftaran nama CV

Perbedaan pertama di pendaftaran nama CV. Dahulu nama CV tidak perlu dicek terlebih dahulu tapi sekarang harus dicek oleh notaris untuk menghindari terjadinya kesamaan nama CV. Jadi jika nama sudah digunakan orang lain, anda harus membuat nama lain.

2. Pengesahan Akta CV

Perbedaan selanjutnya pada pengesahan akta. Dahulu CV hanya disahkan di pengadilan negeri setempat, tapi sekarang tidak lagi. Sekarang pengesahannya di Kemenkumham seperti pengesahan PT. CV yang didaftarkan juga akan mendapat SKT atau Surat Keterangan Terdaftar.

3. Sistem Perizinan

Sistem perizinan juga berbeda. Saat mengurus akta pendirian CV, notaris juga akan mengurus Tanda Daftar Perusahaan atau TDP. Nah TDP kini sudah diganti dengan NIB (Nomor Induk Berusaha)

Contoh Akta Pendirian PT & CV Terbaru 2019

Apabila anda penasaran dengan beberapa contoh akta CV, anda bisa melihat file versi PDF: contoh akta 2019. Untuk file terpisah, berikut contohnya

Demikian sedikit ulasan tentang contoh akta pendirian CV. Bahwa tahun 2019 ini akta CV sudah berbeda dengan tahun 2018 lalu. Semoga bisa membantu anda yang sedang mengurus  pendirian CV.

Share this article:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Legalitas Kita
Hotline : +62 811 1778 805 / +62 821 1200 7880; dan
email : info@legalitaskita.com