fbpx

Ini Cara Mendirikan CV Event Organizer Terlengkap

EO atau Event Organizer merupakan penyusun, pengatur, dan eksekutor acara mulai dari tahap persiapan hingga tahap penyelesaian sebuah event. Dewasa ini, semakin banyak orang yang lebih tertarik menggunakan EO dalam menyelenggarakan sebuah acara. Sehingga, mempelajari cara mendirikan CV Event Organizer menjadi ide bisnis yang menarik bagi generasi milenial.

Sebelum mendirikan sebuah EO, hal utama yang perlu diperhatikan adalah persyaratan mendirikan event organizer lengkap dengan semua langkahnya. Sama seperti bisnis lainnya, membangun EO memerlukan tekad kuat karena akan menjalani prosedur yang cukup panjang. Lantas, bagaimana cara memulainya? Berikut ini merupakan ringkasan informasi pendirian CV EO yang bisa Anda pelajari.

Pengurusan Izin CV Event Organizer

Hal pertama yang perlu dipelajari tentu saja pengurusan izin event organizer itu sendiri. Event organizer merupakan jenis usaha yang bergerak di bidang penyelenggaraan kegiatan. Izin mendirikan CV, termasuk CV event organizer, bisa didapatkan dengan melengkapi rincian izin perusahaan. Rincian tersebut dimulai dari pembuatan NPWP perusahaan, Izin Teknis, dan TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata).

Pembuatan NPWP CV Event Organizer

Semua WNI yang memiliki penghasilan baik berupa perusahaan maupun perorangan diwajibkan memiliki NPWP. NPWP berguna untuk perizinan perusahaan, membuka rekening koran, maupun pengusulan kredit bank. Pengajuan NPWP ini bisa Anda lakukan baik offline (manual) maupun online. Persyaratannya yaitu:

  • Fotokopi SK tempat perusahaan yang dikeluarkan oleh
  • Fotokopi kartu NPWP pendiri perusahaan atau anggota
  • Fotokopi akta pendirian perusahaan

Pembuatan Izin Teknis

Izin teknis merupakan gabungan dari beberapa izin khusus yang bisa Anda buat sendiri. Izin teknis terdiri dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB), SPPL, Persetujuan tetangga dan KTP tetangga, dan izin lingkungan. Izin ini dijadikan dalam satu kesatuan sebagai salah satu syarat EO

IMB tidak perlu Anda buat bila Anda menyewa gedung. Sebagai gantinya, Anda bisa meminjam IMB kepada pihak yang menyewakan bangunannya kepada Anda. Sedang untuk SPPL (Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan) merupakan surat yang Anda buat sebagai kesanggupan penjagaan lingkungan.

Untuk persetujuan tetangga, Anda perlu mengumpulkan keterangan persetujuan tetangga kanan, kiri, depan, belakang, beserta fotokopi KTP. Kemudian izin lingkungan dibutuhkan bila gedung yang Anda tempati belum memiliki izin lingkungan. Bila Anda menyewa gedung, kemungkinan besar berkasĀ  ini tidak lagi diperlukan.

Pembuatan TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata )

TDUP merupakan jenis izin yang harus dimiliki oleh semua usaha yang bergerak di bidang acara atau kegiatan. Hal ini tertuang jelas dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009. Izin ini akan banyak berhubungan dengan dinas pariwisata setempat.

Pembuatan TDUP tidaklah sulit, namun tidak bisa pula disepelekan. Untuk mengajukannya, Anda perlu mengumpulkan beberapa berkas persyaratan. Berkas-berkas tersebut

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) pemilik
  • NPWP pemilik
  • NPWP perusahaan
  • Akta Perusahaan yang telah disahkan oleh pengadilan
  • Peta gambaran lokasi
  • Pas foto berukuran 4×6 cm 2
  • 4 lembar materai temple
  • Stempel/Cap
  • 2 lembar kop surat CV event organizer

Setiap domisili bisa pula berbeda jenis syarat yang diperlukan. Beberapa daerah ada yang mensyaratkan surat izin gangguan perusahaan. Pembuatan surat izin gangguan ini pun membutuhkan persetujuan dari penghuni lingkungan sekeliling perusahaan.

Perbedaan Pengurusan Izin CV Event Organizer dengan CV Lainnya

Satu hal yang penting Anda ketahui adalah syarat mendirikan CV event organizer sangat berbeda dengan jenis CV lainnya. Perbedaan ini sudah tertulis secara resmi dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang pada Pasal 16 hingga 35. Dalam KUHD tersebut, dijelaskan bahwa pemrosesan izin pembuatan CV dibedakan atas CV itu sendiri.

Izin CV dibagi menjadi dua, yakni SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDUP seperti yang telah dijelaskan di atas. SIUP digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan pariwisata. Contohnya seperti agen travel, biro perjalanan, dan lain sebagainya.

Sedangkan CV event organizer lebih bergerak dalam bidang jasa penyelenggaraan kegiatan. Sehingga, perizinannya pun menggunakan TDUP. Jenis TDUP yang diterapkan untuk event organizer adalah TDUP Penyelenggaraan Pertemuan.

Perkiraan Biaya Modal yang Diperlukan dalam Pembuatan CV Event Organizer

Saat akan membangun sebuah CV event organizer, perkiraan biaya tentunya tidak akan luput dari pemikiran Anda. Bila dibandingkan dengan jenis CV lainnya, pendirian CV EO lebih terjangkau. Untuk mengurus perizinan Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp1 juta hingga Rp2 juta. Biaya ini adalah perkiraan biaya pengurusan sendiri, bukan menggunakan jasa pengurusan izin.

Selanjutnya adalah biaya untuk persewaan gedung. Sebagian orang lebih memilih menyewa gedung untuk mengawali sebuah usaha. Harga untuk penyewaan gedung EO pun bisa Anda perkirakan sekitar Rp6 juta hingga Rp10 juta setiap tahunnya. Tentunya harga ini dipengaruhi oleh ukuran gedung dan lokasi gedung itu sendiri.

Selain persewaan gedung, Anda juga perlu menganggarkan biaya untuk belanja alat habis pakai dan alat tidak habis pakai. Berikut pula dengan anggaran biaya marketing atau promosi. Bila bisa mengatur dengan baik, Anda bisa mengeluarkan biaya sekitar Rp4 juta. Bila ditotal, Anda memerlukan modalĀ  biaya sekitar Rp15 juta untuk pembuatan awal CV ini.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda proses untuk mendirikan sebuah CV event organizer. Tentunya diperlukan tekad yang kuat dan ketekunan dalam memproses pendirian perusahaan seperti ini. Bila Anda benar-benar mencermati setiap detail cara mendirikan CV event organizer, besar kemungkinan Anda akan merasa dimudahkan oleh diri Anda sendiri. Salam sukses dan selamat mencoba!

Legalitas Kita
Hotline 1 : +62 811 1778 805
Hotline 2 : +62 821 1200 7880
Email : info@legalitaskita.com
Share this article:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Try Legalitaskita for FREE Unlimited access to legal documents and legal advice.

FOLLOW US!