Pendaftaran Merek investasi awal dalam melindungi bisnis anda

“Hak atas Merek adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada pemilik Merek yang terdaftar dalam Daftar Umum Merek untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri Merek tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya”

Merek Dagang atau yang saat ini populer disebut “brand” merupakan ciri atau logo yag menjadi identitas usaha itu sendiri yang orsinil. Eksistensi Merek dagang anda tentu saja tidak lahir begitu saja, setidaknya membutuhkan proses yang panjang mulai dari kualitas produk itu sendiri dan akhirnya membentuk serta memposisikan merek tersebut di benak masyarakat. Umumnya ketika merek sudah dikenal masyarakat, kita baru menyadari pentingnya untuk melindungi merek tersebut.

Dengan melindungi merek kita melalui Hak Kekayaan Intelektual (HKI), maka orang/ Perusahaan lain dilarang menggunakan merek terdaftar untuk barang atau jasa yang sejenis, kecuali jika sebelumnya mendapatkan ijin dari pemilik merek terdaftar.

Memang bagi sebagian Pengusaha, mendaftarkan merek  terkesan tidak perlu terburu-buru, karena umumnya mereka beranggapan “lebih baik jualan dulu, nanti baru dirapihkan satu per satu legalitas usahanya”. Memang mendaftarkan merek saat ini membutuhkan biaya, dan waktu yang relative lama dalam pengajuannya, namun hasilnya sangat penting bagi usaha anda.

Manfaat perlindungan merek memang tidak langsung terasa efeknya, namun Ketika usaha anda sudah “naik kelas” dan dikenal masyarakat luas, barulah timbul peluang untuk para Pembajak menggunakan merek anda tanpa tanggung jawab. Karena Merek juga bisa sebagai perangkat yang paling iconic dalam memasarkan produk.  Jadi lumayan mengerikan ya kalau sampai merek kita digunakan pihak lain yang kita tidak tahu kualitas produknya seperti apa.

Nah, dengan kata lain, mendaftarkan merek anda merupakan investasi untuk merek anda mendapat perlindungan hukum, mengurangi resiko plagiarisme/pembajakan, menambah nilai asset Perusahaan, dan membuka peluang waralaba.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, lebih baik capek daftar merek, daripada capek menghadapi kerugian dan sengketa merek. Kami siap membantu anda konsultasi dan mendaftarkan merek anda. Silakan hubungi kami melalui :

Share this article:
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Legalitas Kita
Hotline : +62 811 1778 805 / +62 821 1200 7880; dan
email : info@legalitaskita.com