SKDP ditiadakan di DKI | Rumah Tinggal Bisa Dijadikan Domisili PT / CV

Meskipun SKDP ditiadakan dalam layanan perizinan Pemprov DKI Jakarta,  hal ini tidak menghapus ketentuan terkait zonasi tata ruang. Untuk pengajuan izin usaha lanjutan seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) tidak bisa diproses apabila alamat domisili tersebut berada di zona rumah tinggal/ atau bukan berada di zona yang diperuntukan untuk usaha.

Bermula dari banyaknya pertanyaan ke tim Legalitaskita.com akan hal ini, mari simak ulasan kami berikut ini.

Masih belum lama kita mendapatkan kabar baik terkait penyederhanaan alur perizinan usaha di DKI Jakarta, yang mana salah satu dokumennya berupa Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) sudah ditiadakan dalam layanan perizinan usaha Pemprov DKI Jakarta. Hal ini tentunya menyederhanakan jangka waktu dan lebih efisien dalam pelaksanannya. Namun dengan dihilangkannya SKDP di DKI Jakarta, menimbulkan pertanyaan “apakah rumah tinggal bisa dijadikan domisili usaha?” “apakah masih perlu virtual office ?”

SKDP dulunya merupakan dokumen penunjang perizinan yang dikeluarkan oleh Kelurahan setempat . SKDP tidak bisa diajukan apabila domisili usahanya berada di zona perumahan, atau zona yang tidak diperkenankan untuk usaha. Walaupun SKDP sudah ditiadakan, tapi terkait zonasi tata ruang/ zonasi usaha masih berlaku sesuai peraturan yang sebelumnya.

Jelas, menjawab pertanyaan yang tim legalitaskita.com terima terkait “apakah rumah tinggal bisa dijadikan domisili usaha” dan  “apakah virtual masih dibutuhkan ?”, jawabannya adalah domisili usaha anda di dki harus sesuai zonasi peruntukannya.

Tips dari kami, sebelum anda menentukan domisili usaha anda, ada baiknya datang ke kelurahan setempat untuk memeriksa apakah alamat domisili usaha anda berada di zonasi yang sesuai. Untuk Pengusaha yang fleksibel dan dinamis  kerjanya, tidak selalu duduk di kantor, Virtual Office masih menjadi solusi  yang paling banyak dipilih.

 

Virtual office juga merupakan solusi yang paling efisien karena pengusaha tidak perlu cek kelurahan lagi, karena umumnya Virtual office sudah memeriksanya dan sudah sering berhubungan dengan instansi terkait. Legalitaskita siap memeberikan asistensi untuk pilihan domisili Virtual Office anda dan juga konsultasi seputar legalitas usaha anda. Silakan hubungi kami melalui :

Share this article:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Legalitas Kita
Hotline : +62 811 1778 805 / +62 821 1200 7880; dan
email : info@legalitaskita.com