Begini Cara Bikin PT Atau CV dengan Modal Kecil

Anda berniat mendirikan Commanditaire Vebbootschap (CV) atau Perseroan Terbatas (PT)? Nah kini Anda akan dapat kemudahan mendirikannya, karena prosedurnya lebih murah dan cepat. Jangan gunakan jasa sembarangan atau yang tidak kredibel, Anda akan dengan mudah melakukannya sendiri atau lewat bantuan LEGALITASKITA sebab pemerintah telah memberi jaminan kemudahan bagi pelaku (UKM) Usaha Kecil dan Menengah.

Nah untuk memulai bisnis, Anda perlu memilih bentuk perusahaan yang cocok bagi bisnis Anda. Ada dua badan usaha yang paling sering dipakai, yakni (PT) Perseroan Terbatas, serta (CV) Commanditaire Vennootschap. Di bawah ini akan kita bahas prosedur pendirian CV dan juga PT, simak saja langsung pembahasannya:

1. Tahapan Mendirikan Perseroan Terbatas

PT atau Perseroan Terbatas merupakan sebuah badan hukum yang dimiliki oleh paling sedikit dua orang. Tanggung jawab hanya ditanggung oleh perusahaan dan tidak melibatkan kekyaan yang dimiliki pendirinya. Pemilik modal tidak wajib menjadi pengelola di dalam sebuah Perseroan Terbatas sebab bisa menunjuk orang lain untuk menjadi pimpinan dalam perusahaannya.

Mendirikan PT Secara Formal Sesuai Undang-Undang

Untuk pendirian PT secara formal berdasarkan undang-undang ialah, paling sedikit pendirinya 2 orang serta memiliki nama perusahaan. Selain itu juga Akta pendirian harus disahkan oleh Menteri Kehakiman dan juga dinyatakan dalam BNRI. Kemudian perlu menetapkan modal disetor dan juga nilai modal dasar serta susunan para pemilik saham.

Perseroan Terbatas Syarat Umumnya Adalah:

Syarat umum jika Anda berniat mendirikan PT yang harus dipenuhi ialah Surat Keterangan Domisili dari pengelola Gedung jika berdomisili di Gedung Perkantoran. Selain itu juga Anda harus menyerahkan fotokopi KTP, KK para pemilik perusahaan serta pengurus, paling sedikit 2 orang dan NPWP.

Kemudian foto Direktur berlatar merah yang berukuran 3×4, Copy PBB tahun terakhir, Copy Surat Kontrak atau Sewa Kantor atau bukti kepemilikan tempat usaha, Surat Keterangan RT / RW khusus luar Jakarta.

Syarat terakhir kantor harus tidak berada di wilayah pemukiman namun berada di wilayah Plaza, Perkantoran atau Ruko.

2. Tahapan Mendirikan Commandaiter Vennootschap

Dalam pendirian CV syarat yang diperlukan minimal pendiri hanyalah 2 orang yang berwarga negara Indonesia serta usaha berada di wilayah Indonesia. Untuk CV juga tidak ada minimal batas modal. Pengurusan akta pendirian pun bisa dilakukan di wilayah masing-masing tempat perusahaan berada.
Adapun tahapan mendirikan CV ialah sebagai berikut:

Membuat Surat Keterangan Tempat Perusahaan

Untuk bukti keterangan tempat perusahaan, Anda perlu menyerahkan isian formulir pengajuan SKDP. Menyiapkan surat keterangan dan kepemilikan gedung jika gedung berada di perkantoran atau pertokoan. Menyerahkan fotokopi kontrak atau sewa tempat usaha ataupun bukti kepemilikan tempat usaha.

Anda juga perlu melampirkan legalitas perusahaan yaitu Akta Pendirian dan SK Menkumham. Selain itu Anda harus menyerahkan Fotokopi PBB tahun terakhir, foto gedung atau ruangan yang memperlihatkan luar dan dalam serta fotokopi IMB. Berkas-berkas tersebut diajukan ke kelurahan setempat.

Membuat Akta Serta Pendirian CV

Anda perlu menyetorkan fotokopi KTP Direktur dan Persero Pasif dan Fotokopi NPWP Direktur dan Persero Pasif. Melampirkan juga foto Direktur berukuran 3×4 latar belakang merah. Kemudian yang perlu diserahkan lainnya ialah nama CV, penjelasan mengenai bidang usaha dan Penjelasan mengenai bidang usaha.

Berkas-berkas tersebut diserahkan kepada notaris untuk mendapatkan akta dan juga tanda tangan.

Membuatan SIUP

Bagi golongan SIUP kecil serta menengah permohonan harus diajukan kepada Dinas Perdagangan Kabupaten atau Kota. Adapun untuk SIUP besar dapat diajukan kepada Dinas Perdagangan di tingkat propinsi dengan menyertakan persyaratan seperti pengisian formulir pengajuan SIUP. Anda juga perlu menyerahkan legalitas perusahaan yaitu SK Menkumham, Akta Pendirian serta SKDP & NPWP.

Sarat lain yang perlu diserahkan ialah pas foto direktur perusahaan yang berwarna berukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

Membuat NPWP

Ketiga, Anda perlu mengajukan permohonan untuk mendaftar sebagai wajib pajak ke (KPP) yaitu Kantor Pelayanan Pajak. Penyerahan itu sesuai dengan tempat dimana perusahaan berdomisili. Nanti Anda akan mendapatkan surat keterangan terdaftar sebagai wajib pajak kartu dan juga NPWP.

Adapun persyaratannya ialah, fotokopi KTP, KK Direktur dan NPWP, mengisi formulir pengajuan NPWP serta Melampirkan legalitas perusahaan.

Membuat TDP

TDP adalah tanda daftar perusahaan, untuk pendaftarannya bisa Anda lakukan dengan mengisi formulir untuk pengajuan SIUP. Melampirkan pas foto berwarna direktur perusahaan berukuran 3×4 sebanyak 2 lembar serta melampirkan legalitas perusahaan.

Pendaftaran tersebut bisa Anda lakukan ke Dinas Perdagangan di Kota Kabupaten tempat dimana perusahaann berada.

Membuatan Surat Keterangan Tempat Perusahaan

Untuk bukti keterangan alamat perusahaan Anda perlu menyerahkan fotokopi kontrak atau sewa tempat usaha ataupun bukti hak milik tempat. Melampirkan legalitas perusahaan (Akta Pendirian & SK Menkumham). Menyerahkan pengisian formulir pengajuan SKDP, Fotokopi PBB tahun terakhir dan Fotokopi IMB.

Selain itu Anda juga perlu melampirkan foto gedung atau ruangan yang memeperlihatkan luar dan dalam serta surat keterangan dan pemilik gedung jika gedung berada di perkantoran atau pertokoan. Berkas-berkas tersebut diajukan ke kelurahan setempat

Berkas-Berkas yang Akan Diperoleh

Berkas yang akan Anda dapatkan ialah Pengesahan dari Pengadilan, Akta pendirian CV, SIUP, TDP, NPWP dan juga Surat Keterangan tempat Perusahaan

Klasifikasi Perusahaan:

Nah untuk klasifikasi Perseroan Terbatas, modal setor perusahaan kecil ialah 50 juta dan untuk Perseroan Terbatas Menengah ialah 500 juta rupiah. Adapun modal yang disetor untuk Perseroan Terbatas Besar 10 miliar rupiah.

Apa sih Perbedaan CV dengan PT?

Jika kita lihat dari dasar hukumnya, maka CV dan PT memiliki perbedaan utama. Perseroan Terbatas itu memiliki badan hukum dimana pendiriannya wajib sesuai dengan peraturan Undang-Undang. Adapun (CV) Perseroan Komandaiter Bukanlah bisnis yang memiliki badan hukum sebab tidak ada peraturan khusus.

Adapun untuk pemakaian nama perusahaan, Perseroan Terbatas sudah diatur secara terperinci dalam Undang-Undang UU. Untuk Perseroan Komandaiter tidak memiliki ketentuan khusus yang mengaturnya.

Begitupun aturan dalam modal perusahaan, Perseroan Terbatas memiliki perbedaan, dimana PT untuk modal usaha juga sudah diatur dalam Undang-Undang. Adapun Perseroan Komandaiter (CV) hal itu tidak ada ketentuan khusus yang mengaturnya.

Berbeda dengan Perseroan Terbatas, dalam CV Tidak ada sistem kepemilikan saham. Serta tidak ada ketentuan khusus dalam besaran modal awal. Jadi penyetoran modal bisa ditentukan sendiri oleh perusahaan serta dicatat secara mandiri

Nah itulah informasi mengenai cara mendirikan CV atau PT dengan modal kecil serta apa yang membedakan antara PT dan CV. Jika Anda berniat membuat bisnis Anda menjadi berbadan hukum, silahkan pelajari lebih dalam mengenai hal tersebut. Bila perlu cobalah bertanya kepada reka-rekan Anda yang memang pernah mendirikan sebuah badan hukum untuk bisnis mereka.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda merasa informasi ini bermanfaat silahkan share kepada teman dan keluarga. Jika Anda membutuhkan bantuan pengurusan izin usaha Anda dengan mudah dan terpercaya silahkan hubungi kami pada line dibawah.

Share this article:
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Legalitas Kita
Hotline : +62 811 1778 805 / +62 821 1200 7880; dan
email : info@legalitaskita.com