Cara Mudah Mengurus Sendiri Perizinan PT

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa mengurus sendiri perizinan PT sangat susah dan prosesnya pun lama. Apakah benar demikian? Jika Anda belum pernah merasakan yang namanya mengurus izin usaha, tentu Anda tak boleh percaya dengan anggapan ini. Pada kenyataannya, mengurus izin usaha tidak sesusah yang kita bayangkan. Terutama jika Anda tahu proses dan prosedurnya.

BINGUNG MENGURUS SENDIRI PERIZINAN PT-min

Sekarang ini, mengurus perizinan PT tidak lagi dipersulit. Sepertinya, pemerintah memang menyadari betul pentingnya memudahkan perizinan PT. Dengan prosedur yang mudah, akan banyak orang yang tertarik untuk membuat usaha. Ini tentu akan berdampak pula pada perekonomian negara.

Mengapa Harus Mengurus Perizinan PT?

Jika ingin membuat bisnis menjadi semakin maju, hal pertama yang harus selesaikan adalah perizinan PT. Anda tidak hanya membutuhkan akta pendirian usaha. Untuk mendukung perkembangan bisnis, Anda juga perlu izin usaha.

Perizinan PT menjadi sebuah perwujudan izin yang diberikan oleh pemerintah atas usaha yang sedang Anda jalankan. Dengan memiliki perizinan resmi, perusahaan Anda pun sah di mata hukum. Surat perizinan ini akan menyatakan legalitas perusahaan. Oleh karena itu, wajib sekali mengurus perizinan PT sebelum terjun lebih jauh dalam dunia bisnis.

Manfaat Mengurus Perizinan PT

Untuk semakin memantapkan langkah Anda dalam mengurus perizinan PT, Anda harus menyimak pembahasan ini. Ada beberapa manfaat yang Anda dapatkan setelah selesai mengurus perizinan PT. Tak hanya bagus untuk masa depan perusahaan, perizinan PT juga memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Menjadi Bukti Bahwa Perusahaan Tidak Melanggar Hukum

Setiap pebisnis harus patuh pada peraturan yang berlaku di negaranya. Dengan mengurus izin usaha, Anda sudah mengikuti aturan hukum yang berlaku. Hal ini juga menandakan bahwa perusahaan Anda sudah sah di mata hukum. Jika sewaktu-waktu ada penertiban, Anda tak perlu takut lagi karena perusahaan Anda sudah legal.

2. Meningkatkan Kredibilitas Usaha

Tak hanya sah di mata hukum, Anda juga bisa menggunakan surat izin usaha untuk meningkatkan kredibilitas PT. Adanya izin resmi dari pemerintah membuktikan bahwa usaha Anda sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dengan begitu, Anda bisa mengenalkan usaha Anda kepada masyarakat luas.

Ini sekaligus menjadi manfaat penting mengurus perizinan PT. Kredibilitas perusahaan akan naik sehingga masyarakat tak perlu ragu saat ingin menggunakan produk Anda. Manfaat ini juga bisa memudahkan Anda dalam melakukan promosi.

3. Semakin Memudahkan Pengembangan Bisnis

Satu lagi manfaat mengurus sendiri perizinan PT adalah bisa memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis. Ketika menjalankan usaha, tak jarang Anda membutuhkan modal tambahan. Untuk mengajukan permohonan kredit modal, Anda perlu surat izin usaha. Jika Anda sudah memilikinya sejak awal, tentu akan mudah untuk mendapatkan kredit.

Tak hanya hal-hal berkaitan dengan modal, adanya izin PT juga mempermudah perusahaan dalam memenangkan proyek. Bagi PT yang bergelut bidang industri, misalnya konveksi, berlaku proses memenangkan proyek. Bagaimana cara agar Anda bisa menang dari perusahaan saingan? Izin usaha tentu menjadi syarat wajib.

Langkah Mudah Mengurus Sendiri Perizinan PT

Kali ini, Anda bisa mengurus sendiri perizinan PT dengan mengikuti beberapa langkah berikut. Sesuai dengan kebijakan baru oleh pemerintah, saat ini hanya butuh 7 prosedur untuk mengurus PT. Tak hanya itu, prosesnya juga lebih cepat, yaitu hanya sekitar 10 hari saja. Lalu, untuk masalah biaya, pemerintah juga memangkas habis dana perizinan PT. Dari yang awalnya sekitar Rp 7 jutaan, kini hanya kurang lebih Rp 2.2 saja.

Sebelum menuju ke prosedur mengurus perizinan PT, Anda harus menyiapkan beberapa hal yang menjadi syarat utama perizinan PT. Dokumen yang harus Anda lengkapi adalah fotokopi atau scan KTP, KK, dan NPWP direksi perusahaan dan juga pemegang saham. Siapkan juga fotokopi atau scan pembayaran PBB tahun terakhir sesuai dengan lokasi tempat usaha, fotokopi sewa kantor, surat keterangan domisili dari si pengelola gedung, dan foto kantor tampak luar dan dalam.

Setelah semua dokumen untuk mengajukan perizinan sudah lengkap, saatnya Anda mengikuti prosedur perizinan PT. Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada 7 prosedur yang wajib Anda ikuti. Prosedur yang akan dijelaskan berikut ini sangat berkaitan dengan website resmi Ditjen AHU Online. Cek situsnya untuk membantu memahami prosedur berikut.

1. Pengajuan Nama Perusahaan

Hal pertama yang harus Anda urus adalah nama perusahaan. Di era yang sudah canggih ini, Anda tak perlu susah untuk mengurus nama. Silahkan login ke situs Ditjen AHU Online, lalu pilih pesan nama. Anda bisa memesan nama perusahaan dengan biaya Rp 200.000 saja. Ajukan nama perusahaan, lalu bayar pesan nama tersebut. Proses ini membutuhkan waktu 2 hari kerja sampai Anda mendapatkan penerbitan izin penggunaan nama.

2. Mendapatkan Standar Akta Perusahaan dari Notaris

Setelah selesai mengurus nama, Anda juga harus memproses akta perusahaan. Untuk mengurus hal ini, waktu yang dibutuhkan adalah 1 hari kerja. Biaya maksimal untuk pendirian PT adalah Rp 1 juta.

3. Pengajuan Izin Pendirian Badan Hukum

Setelah mendapatkan akta perusahaan, selanjutnya Anda juga perlu mengurus Izin Pendirian Badan Hukum. Waktu yang dibutuhkan untuk mengurus perizinan ini adalah 1 hari kerja dengan biaya Rp 1 jutaan. Proses ini termasuk Penerbitan Izin Pendirian Badan Hukum, Pembayaran PNBP, dan juga pengesahan Badan Hukum.

4. Pengajuan SIUP dan TDP

SIUP merupakan surat izin yang diberikan oleh menteri atau pejabat terkait kepada pengusaha. Surat izin ini berguna untuk melaksanakan usaha yang bergelut di bidang perdagangan serta jasa. Pengajuan ISUP ini dilakukan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) setempat. Waktu yang dibutuhkan untuk mengurus SIUP hanya 1 hari kerja. Tak ada biaya untuk mengurus SIUP dan TDP.

Jika Anda ingin membekali karyawan dengan BPJS Kesehatan, Anda juga bisa sekalian melakukan pendaftaran secara online. Pendaftaran BPJS kesehatan juga tidak dipungut biaya alias gratis.

5. Pendaftaran Usaha di Dinas Tenaga Kerja

Setelah mendapatkan SIUP dan TDP, saatnya Anda melakukan pendaftaran perusahaan di Kemenakertrans atau Dinas Tenaga kerja. Proses ini memakan waktu kurang lebih 1 hari kerja. Pendaftaran usaha di Kemenakertrans ini pun gratis.

6. Urus BPJS Ketenagakerjaan

BPJS kesehatan memang tidak wajib untuk PT, yang wajib adalah BPJS Ketenagakerjaan. Anda bisa mengurus BPJS Ketenagakerjaan untuk PT dengan sangat mudah. Anda bisa melakukannya secara online melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.

7. Pendaftaran NPWP

Setelah melakukan serangkaian proses perizinan PT, terakhir Anda bisa mengurus NPWP. Silahkan datang langsung ke KPP atau daftar secara online malalui situs resmi https://ereg.pajak.go.id/.

Demikian adalah langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengurus sendiri perizinan PT. Proses mengurus perizinan PT ternyata sangat mudah dan cepat. Terlebih, beberapa prosedur bisa dilakukan secara online. Ini tentu akan semakin memudahkan Anda dalam mendirikan PT.   

Jika Anda merasa langkah diatas terlalu panjang dan rumit silahkan hubungi LEGALITASKITA pada line dibawah.

Legalitas Kita
Hotline 1 : +62 811 1778 805
Hotline 2 : +62 821 1200 7880
Email : info@legalitaskita.com
Share this article:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter