Jasa Pendirian Usaha Terbaik & Terlengkap

Solusi mudah untuk pendirian pt, cv, yayasan, pendaftaran merek dan lainnya

Begini Cara Daftar UKM & UMKM Terlengkap 2021

Cara daftar UMKM dengan baik dan benar haruslah diketahui banyak orang. Karena cara ini sangat membantu terutama ketika Anda ingin memiliki bisnis baru.
https://pixabay.com/photos/store-clothing-shop-bouique-984393/

Berikut ini kami jabarkan bagaimana cara daftar UKM atau UMKM. Banyak orang ingin memiliki usaha sendiri karena bebas mengatur waktu dan mengelola usahanya sendiri. Jika Anda memiliki modal yang minim maka UMKM adalah pilihan yang tepat. Oleh karena itu, mengetahui cara daftar UMKM sangatlah penting.

Pemerintah juga menyadari bahwa UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian rakyat. Oleh karena itu, kemudahan dalam membuka UMKM diharapkan dapat menjadi penyokong berkembangnya perekonomian rakyat Indonesia.

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)

https://pixabay.com/photos/startup-start-up-people-593341/

Jika mengacu kepada UU No. 20 tahun 2008, maka UMKM merupakan usaha ekonomi produktif yang dimiliki oleh individu ataupun badan tertentu yang sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Sedangkan menurut para pakar UMKM, merupakan usaha yang memiliki kekayaan bersih dengan nilai maksimal Rp 200 juta. Namun, kekayaan ini tidak memperhitungkan aset seperti tanah ataupun bangunan.

Sebuah usaha juga dapat dikategorikan sebagai UMKM jika memiliki omset tahunan maksimal Rp 1 milyar atau kurang. Namun, UMKM ini haruslah dimiliki oleh WNI karena nantinya akan terdaftar pada kementerian koperasi dan UMKM.

Peran UMKM di Indonesia

https://pixabay.com/photos/coffee-shop-shop-coffee-cafe-1149155/

Sebelum mengetahui cara daftar bantuan umkm 2021, Anda harus tahu juga mengapa UMKM sangat penting bagi Indonesia. Beberapa dari Anda tentu tahu bahwa Indonesia pernah mengalami krisis moneter terparah pada tahun 1998-1999.

Pada waktu itu, perekonomian Indonesia terpuruk parah bahkan nilai tukar rupiah bisa mencapai Rp 20 ribuan untuk $1. Pada situasi yang gonjang-ganjing seperti itu, banyak perusahaan besar yang bangkrut bahkan bank pun ikut tutup.

Walaupun demikian, ternyata terdapat beberapa lini usaha yang tetap bertahan.Salah satunya adalah UMKM yang bergerak di sektor pertanian. Karena bagaimanapun juga masyarakat Indonesia harus makan untuk bertahan hidup.

Semenjak itu, pemerintah, pelaku bisnis dan masyarakat menyadari seberapa kuat daya tahan UMKM pada masa-masa sulit tersebut. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya untuk memberikan kemudahan sehingga jumlah UMKM di Indonesia dapat terus bertambah.

Jadi, terdapat beberapa peran penting UMKM di Indonesia seperti:

  • Menjadi media untuk meratakan perekonomian pada di tengah-tengah masyarakat.
  • Membantu mengurangi angka kemiskinan serta pengangguran di Indonesia. Karena, jika UMKM bertambah banyak maka jumlah tenaga kerja yang terserap juga akan meningkat sehingga pengangguran akan berkurang drastis.
  • Menambah devisa negara. Karena, setiap UMKM yang berhasil mengembangkan usahanya ke ranah internasional melalui ekspor dan impor akan memberikan devisa kepada negara.
  • Membuat masyarakat lebih mandiri karena dapat memiliki bisnis sendiri dan dijalankan dengan caranya tersendiri. Tentunya pemilik usaha diharuskan untuk kreatif dan inovatif agar produk dan jasanya dapat digunakan oleh masyarakat luas.

Kelebihan UMKM

https://pixabay.com/photos/entrepreneur-idea-competence-vision-1340649/

Sebelum Anda mengetahui cara daftar UMKM tentu akan lebih baik jika mengetahui apa saja kelebihan dari UMKM tersebut. Adapun kelebihan dari jenis usaha ini antara lain:

  • Proses pengajuan izin usaha lebih mudah.
  • Modal usaha lebih sedikit karena basis usaha berada pada kategori mikro dan menengah.
  • Inovasi produk dan operasional usaha mudah dilakukan mengikuti perkembangan zaman ataupun keinginan pemilik.
  • Memiliki peluang yang besar untuk berkembang pesat. Terutama jika perencanaan bisnis yang ada dilakukan dengan baik.
  • Kegiatan operasional lebih fleksibel dan bisa disesuaikan sewaktu-waktu.
  • UMKM dapat fokus pada bidang tertentu yang sifatnya spesifik. Namun, jenis usaha yang dilakukan haruslah melihat peluang pasar agar produk  dan jasa yang ditawarkan mudah diterima masyarakat.

Tentunya masih banyak lagi kelebihan dari UMKM. Namun, beberapa hal di atas dapat mewakili keunggulan UMKM tersebut. UMKM ini juga memiliki peran yang besar bagi perekonomian masyarakat Indonesia.

Karena semakin banyak jumlah UMKM, maka jumlah tenaga kerja yang dapat diserap akan meningkat. Akibatnya jumlah pengangguran akan menurun dan mendorong perekonomian yang lebih baik di tingkat masyarakat.

Kekurangan UMKM

https://pixabay.com/photos/writing-pen-man-ink-paper-pencils-1149962/

Keberadaan UMKM tentu sangat membantu banyak orang. Walaupun demikian, memiliki usaha kecil atau menengah ini juga memiliki tantangannya tersendiri, seperti:

  • Minimnya modal. Setiap usaha tentunya memiliki masalah pada modal. Namun, UMKM sering sekali mengalami masalah ini karena usaha yang dilakukan umumnya bersumber dari modal pribadi. Hal ini dapat mengganggu kegiatan operasional dan pengembangan usaha. Oleh karena itu, pemilik UMKM diharapkan memiliki kemampuan dalam mengakses perbankan dan dapat mengelola keuangannya dengan baik.
  • SDM minim. Masalah ini bergantung pada situasi dan kondisi. Contohnya saja pemilik usaha tidak bisa hire banyak pekerja karena keterbasan keuangan. Pada sisi lainnya, pemilik kesulitan memperoleh pekerja dengan keterampilan tertentu.
  • Sulit mendapatkan bahan baku dan teknologi. Hal ini merupakan masalah klasik dan penyebabnya sangat banyak. Oleh karena itu, pemilik usaha diharuskan untuk kreatif dan inovatif agar biaya yang ada dapat ditekan namun kegiatan operasional dapat berjalan dengan baik.

Tentunya masih ada lagi kekurangan dari UMKM ini. Namun, jenis usaha ini sudah wajib dikenakan pajak. Akan tetapi, selama masa pandemi ini terdapat berbagai keringanan yang diberikan agar UMKM di Indonesia dapat bertahan sehingga angka pengangguran tidak bertambah banyak.

Cara Daftar UMKM dengan Mudah

https://pixabay.com/photos/bookkeeper-accountant-office-coffee-1016299/

Setelah Anda mengetahui berbagai hal penting tentang UMKM tersebut. Contohnya saja prosedurnya, biaya, persyaratan dan lain sebagainya. Adapun cara daftar umkm 2021 yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

Persyaratan

Sebelum melakukan pendaftaran, Anda harus mempersiapkan beberapa hal agar pendirian UMKM dapat berjalan dengan lancar. Setidaknya terdapat dua hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, yaitu:

Pengajuan Surat Izin Pendirian Usaha (SIUP)

SIUP dibutuhkan agar usaha menjadi sah secara hukum sehingga berbagai proses yang ada dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, dengan memiliki SIUP maka Anda dapat memperoleh kredit dari bank dengan lebih mudah karena lebih terpercaya.

Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan agar dapat memperoleh surat ini, yaitu:

  1. Mengajukan permohonan rekomendasi kepada pemimpin di daerah Anda (walikota ataupun bupati). Berkas ini dapat diperoleh dinas koperasi dan dilengkapi dengan data pemohon secara terperinci. Kemudian lengkapi berkas tersebut dengan melampirkan fotokopi NPWP, KTP, tanda lunas PBB, IMB, surat izin dari tetangga dan lainnya. Pastikan semuanya lengkap agar proses pengajuan SIUP dapat berjalan dengan lancar.
  1. Anda harus membuat surat izin IMB jika belum memiliki berkas ini, kecuali bangunan yang dipakai adalah sewa. Jika ingin membuat IMB, maka isi formulir pengajuan IMB yang ditujukan kepada walikota ataupun bupati. Perhatikan bahwa formulir ini harus memiliki tembusan kepada dinas pemukiman setempat. Lengkapi semua dokumen yang diminta agar proses izin IMB menjadi lancar.
  1. Kemudian, Anda membuat surat izin gangguan serta pernyataan bahwa Anda sanggup mematuhi berbagai ketentuan teknis yang diberlakukan.
  2. Terakhir, membuat tanda daftar industri (TDD).

Setelah 4 hal tersebut terpenuhi, maka bawa semua dokumen yang diperlukan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan di dekat tempat lokasi usaha Anda. Biasanya butuh waktu 5 hari kerja agar izin ini selesai setelah berbagai persyaratannya dinyatakan lengkap.

SIUP ini bisa didaftarkan juga secara online, sehingga proses cara daftar UMKM online menjadi lebih mudah. Pemerintah telah membuat pelayanan surat izin usaha yang terintegrasi dengan nama OSS (Online Single Submission). Adapun tahapnya adalah sebagai berikut:

  • Membuat akun SIUP online dengan user ID berupa NIK masing-masing terutama NIK pemilik.
  • Pastikan dasar hukum pembuatan usaha telah dipersiapkan dengan baik
  • Pengurusan SIUP untuk UMKM cukup sederhana namun bergantung pada jenis badan usahanya. Karena untuk CV, PT, firma, yayasan dan lainny harus punya pengesahan terlebih dahulu dari Kemenkumham melalui AHU online.

Manfaat SIUP

SIUP ini memiliki peranan penting bagi setiap bisnis apapun bentuknya. Selain proses pengurusannya lebih mudah dan praktis untuk saat ini, tentunya terdapat banyak manfaat dari SIUP tersebut, seperti:

Legalitas Usaha

SIUP merupakan salah bentuk legalitas sebuah usaha. Karena, usaha yang dibangun pastinya terdaftar di kementrian. Selain itu, memiliki usaha dengan SIUP bukanlah perkara mudah karena Anda akan termotivasi mengembangan usaha tersebut sehingga dapat berkembang lebih baik.

Hal ini juga akan membuat Anda selalu bersemangat untuk memberikan jasa dan produk terbaik. Selain itu, keberadaan SIUP ini akan membangun kepercayaan para konsumen.

Bisa Memperoleh Dana dari Perbankan

Keberadaan SIUP juga akan menjadi bukti yang membuat pihak perbankan percaya akan usaha Anda. Jadi, dengan adanya surat tersebut maka Anda dapat mengajukan kredit lebih mudah daripada sebelumnya.

Selain itu, dengan SIUP Anda bisa mengajukan berbagai urusan administrasi lainnya dengan lebih mudah. Karena, proses pengurusannya memakan waktu.

Mengembangkan Bisnis Lebih Mudah

SIUP sebenarnya tidak wajib bagi usaha mikro atau kecil. Namun, untuk skala lebih besar maka surat ini wajib hukumnya. Nah, jika Anda ingin mengembangkan bisnis maka segeralah mengurus surat ini agar urusan administrasi di dinas menjadi lebih cepat.

Pengajuan Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Setelah mengurus SIUP, maka sekarang Anda harus mengurus SITU yang merupakan surat izin tempat usaha sehingga usaha yang dibangun menjadi sah secara hukum. Intinya SITU ini mengharuskan Anda untuk mengikuti aturan tata letak wilayah yang berlaku. Karena setiap daerah punya peraturan yang berbeda.

Persyaratan untuk SITU juga cukup sederhana, dimana Anda harus melengkapi persyaratan berikut ini:

  • Foto copy lunas PBB, pajak reklame, retribusi izin gangguan, KTP, dan IMB
  • Surat permohonan dari pemilik usaha
  • Surat keterangan dari Lurah dan Kecamatan
  • Gambar sketsa lokasi usaha dan keterangan fiskal daerah yang berasal dari Dispenda
  • Surat kuasa bangunan atau kontrak sewa bangunan usaha atau bisa memakai sertifikat tanah jika memiliki bangunan tersebut.
  • Akta pendirian usaha dan rekomendasi dari instansi teknis tertentu yang bersangkutan dengan usaha yang dijalankan.
  • Pas foto berwarna terbaru sebanyak 4 lembar dengan ukuran 2×3 cm

Tentunya, Anda harus mempersiapkan hal lainnya seperti peralatan keamanan, kesehatan dan menjaga lingkungan agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Pengurusan SITU dilakukan secara offline dan jika persyaratan telah lengkap maka butuh waktu sampai 5 hari agar izinnya disetujui.

Perlu dipahami bahwa surat ini hanya berlaku selama 3 tahun sehingga harus diperbaharui secara berkala. Jika, ingin melakukan perpanjangan maka bawalah dokumen-dokumen berikut ini:

  • Foto copy SITU sebelumnya, IMB, SPPT, akta pendirian usaha
  • Surat permohonan perpanjangan yang dilengkapi dengan materai dan ditandatangani pemilik usaha, dan
  • Surat keterangan domisili atas usaha yang dijalankan. Surat ini dapat diperoleh dari kecamatan terdekat.

Manfaat SITU

Layaknya SIUP, SITU juga memiliki berbagai manfaat yang dapat Anda nikmati, yaitu:

Legalitas Usaha

SITU ini juga menjadi bukti bahwa usaha Anda legal secara hukum. Selain itu, keberadaan surat ini menjadi pertanda bahwa usaha yang dimiliki memang eksis di alamat yang tertera pada surat tersebut.

Hal ini akan memudahkan pelanggan atau mitra bisnis untuk mengunjungi tempat usaha Anda di kemudian hari.

Keamanan

Jika usaha Anda legal secara hukum, maka Anda juga akan dilindungi oleh hukum tersebut. Tentunya keamanan ini bisa dirasakan baik dari masyarakat ataupun aparat petugas.

Pastinya usaha Anda telah diterima oleh penduduk setempat dan dengan berpartisipasi dengan lingkungan tersebut maka Anda menjadi bagian dari lingkungan yang sama.

Selain itu, jika terjadi masalah yang mengarah ke ranah hukum. Maka, Anda bisa meminta bantuan polisi untuk mengatasi hal tersebut. Petugas akan membantu Anda selama usaha yang dijalankan legal dimata hukum. Oleh karena itu, keberadaan SITU dan SIUP sangatlah penting untuk setiap usaha bisnis.

Biaya

Biaya pengurusan kedua jenis surat izin di atas sebenarnya bervariasi bergantung pada tempatnya, ukuran usaha dan lainnya. Namun, Anda bisa memperkirakan biaya tersebut melalui rincian biaya yang ada di bawah ini.

SIUP

Untuk SIUP memiliki angka yang berbeda-beda di setiap daerah. Biasanya, SIUP di kota besar lebih mahal daripada di kota kecil. Namun, secara umum SIUP untuk usaha kecil dan menengah dikenakan biaya sebesar Rp 1,5 juta dengan lama pengerjaan 2 minggu. Jika ingin lebih cepat maka biayanya jadi Rp 2,5 juta.

Sedangkan untuk SIP besar membutuhkan biaya Rp 2,5 juta untuk waktu proses dua minggu. Jika ingin ekspress maka biayanya bisa mencapai Rp 4 juta atau lebih.

SITU

Layaknya pada SIUP, SITU juga memiliki biaya yang berbeda-beda bergantung pada daerahnya. Namun, kebanyakan daerah memberikan biaya Rp 5 ribu per meternya. Jadi, Anda tinggal kalikan saja dengan ukuran usaha bisnis masing-masing untuk mengetahui total biayanya.

Kondisi UMKM Saat Ini

https://pixabay.com/photos/man-entrepreneur-business-manager-5475187/

Ketika wabah covid-19 merebak, banyak pihak yang mengalami kerugian besar-besaran. Salah satunya adalah UMKM. Mengapa? Karena kondisi ekonomi mengalami kemerosotan yang besar dan dampak terbesar dirasakan oleh masyarakat maupun UMKM yang minim modal.

Bahkan beberapa perusahaan besar ikut anjlok sehingga semakin memperburuk kondisi perekonomian tersebut. Beberapa UMKM dapat bertahan dan terus eksis pada masa pandemi ini. Namun, banyak juga UMKM yang tidak mampu bertahan sehingga harus gulung tikar.

Hal ini sangatlah berbahaya karena akan menimbulkan efek negatif yang lebih besar. Contohnya saja banyak pihak yang kehilangan pekerjaan sehingga angka pengangguran bertambah.

Pendatapan berkurang sehingga kemampuan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari menjadi terhambat. Jika dilihat lebih lanjut maka standar hidup akan berkurang.

Mengetahui hal ini, pemerintah memberikan bantuan kepada UMKM dalam bentuk BLT (bantuan langsung tunai). Harapannya dengan blt tersebut, UMKM dapat bertahan sehingga bisa mencegah berbagai masalah dan mendorong perekonomian rakyat yang lebih baik.

Jika Anda adalah pemilik UMKM, maka bantuan ini harus segera dinikmati sebaik mungkin.

Cara Daftar BLT UMKM Online

https://pixabay.com/photos/money-profit-finance-business-2696228/

Mengetahui cara daftar blt UMKM online sangat penting agar pemilik usaha bisa merasakan sedikit angin segar di tengah pandemi saat ini. Dana ini harus Anda peroleh karena sangat bermanfaat.

Nama program bantuan ini adalah BPUM (Banpres Produktif untuk Usaha Mikro). Nah, jika ingin mendaftar maka Anda bisa meminta bantuan kepada 4 pihak, yaitu:

  • Dinas yang menangani bidang UKM serta koperasi
  • Lembaga atau kementerian tertentu
  • Koperasi yang sah dan menjadi badan hukum, serta
  • Perbankan dan badan pembiayaan lainnya yang berada pada daftar OJK

Anda bisa melengkapi beberapa dokumen agar dapat diusulkan sebagai peserta. Adapun dokumen tersebut antara lain:

  • KTP yang sesuai dengan tempat tinggal
  • Mengisi form yang dilengkapi dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  • Nama lengkap
  • Nomor telepon
  • Bidang usaha yang dijalankan saat ini

Selain itu, terdapat batasan atau persyaratan khusus agar dapat memperoleh bantuan blt umkm ini, yaitu:

  • WNI
  • Memiliki NIK serta usaha mikro
  • Bukan anggota militer (TNI atau POLRI), pegawai pemerintah (BUMD/ BUMN) ataupun aparatur sipil negara (ASN/ PNS)
  • Saat melakukan pengajuan sedang tidak memperoleh kredit dari pihak perbankan. Baik itu pinjaman dalam bentuk KUR ataupun kredit lainnya.
  • Jika pemilik UMKM memiliki domisili yang berbeda dengan KTP, maka harus melampirkan SKU (Surat Keterangan Usaha).

Setelah mengikuti cara daftar UMKM online 2021 gratis tersebut maka harus tahu juga bagaimana cara memeriksa siapa saja yang memperoleh blt tersebut. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan dengan mengikuti cara di bawah ini:

  • Buka eform.bri.co.id/bpum pada browser masing-masing baik itu melalui pc maupun smartphone.
  • Setelah halamannya muncul, maka inputlah NIK serta kode verifikasi yang ada.
  • Lalu, klik tombol untuk prose inquiry
  • Jika telah terdaftar, maka NIK Anda akan masuk dalam program BUPM

Pencairan BLT UMKM 2021

Jika Anda termasuk orang-orang yang beruntung dan mendapatkan dana ini. Maka, Anda tinggal menunggu kapan dana blt tersebut masuk. Jika Anda pengguna Bank BRI, nantinya pihak bank akan memberikan notifikasi berupa SMS bahwa dana blt dapat dicairkan.

Proses pencairan akan ditransfer ke rekening yang didaftarkan. Namun, Anda harus melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan datang langsung ke bank tujuan sambil membawa beberapa dokumen, seperti:

  • Buku tabungan beserta kartu ATM-nya
  • Bukti identitas yang berlaku (SIM, KTP atau paspor)
  • Membuat surat pernyataan, surat pernyataan lainnya berupa tanggung jawab mutlak serta surat kuasa penerima

Setelah itu, petugas akan melakukan pengecekan. Jika semua persyaratan lengkap maka proses pencairan akan dilakukan pada waktu juga. Anda tinggal menunggu beberapa menit dan dana sebesar Rp 2,4 juta sudah masuk ke rekening masing-masing.

Penyebab Pendaftaran BLT BUPM Gagal

Walaupun Anda telah mengetahui cara daftar umkm bri online dengan benar. Namun, ternyata masih banyak orang yang gagal untuk menjadi bagian dari penerima BUPM. Tentunya terdapat beberapa penyebab mengapa Anda gagal, seperti:

  • Salah input NIK
  • Nomor rekening yang didaftarkan terblokir
  • Anda memperoleh bantuan ataupun mendapatkan kredit dari perbankan. Karena, program BPUM ini hanya berlaku bagi pelaku UMKM yang tidak mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan.

Jika Anda mengalami masalah di atas, maka segera daftarkan ulang untuk NIK yang salah input. Sedangkan rekening yang terblokir bisa memakai rekening bank lainnya (BNI, BRI, Syariah Mandiri dan lainnya) atau mengurus rekening Anda di bank cabang terdekat untuk unblock rekening tersebut.

Sedangkan untuk yang mendapatkan kredit, maka Anda harus menyelesaikan urusan kredit tersebut terlebih dahulu. Jadi, dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan mendapatkan blt umkm tersebut.

Pemerintah pada awalnya merencanakan bahwa program ini akan diperpanjang sampai tahun 2021. Namun, sampai saat ini berita tersebut hanya berlaku bagi yang sudah terdaftar di BPUM. Sedangkan untuk pembukaan pendaftaran berikutnya masih belum ada kabar lebih lanjut.

Namun, Anda jangan berkecil hati dan bersabar terlebih dahulu. Karena, jika program ini dibuka kembali maka Anda bisa merasakan manfaatnya dengan baik. Oleh karena itu, pastikan Anda tahu link pendaftaran bantuan UMKM yang ada di daerah masing-masing agar memudahkan proses pendaftaran.

Beberapa Tips agar UMKM Dapat Bertahan Selama Masa Pandemi

https://pixabay.com/photos/tie-necktie-adjust-adjusting-man-690084/

Setelah mengetahui dan memahami cara daftar bantuan umkm secara online di atas. Tentunya Anda akan memanfaatkan dana tersebut untuk bisnis masing-masing. Jika usaha yang dijalankan ingin sukses terutama pada masa pandemi sekaran ini, maka Anda bisa mencoba beberapa tips berikut:

  1. Melakukan inovasi. Inovasi ini dapat dilakukan baik pada produk ataupun jasa yang dimiliki. Pastikan usaha Anda memiliki keunikan tersendiri sehingga dapat tampil mencolok daripada milik para pesaing.
  2. Fokus pada konsumen. Jasa atau produk yang ditawarkan seharusnya dapat menjawab kebutuhan dari konsumen. Jika kebutuhan dan masalah konsumen dapat diatasi oleh bisnis Anda, maka pelanggan setia akan terus bermunculan sehingga bisnis Anda dapat berkembang.
  3. Research development. Anda harus terbuka dan terus melakukan pengembangan dan penelitian agar produk serta jasa yang dimiliki menjadi lebih baik. Selain itu, Anda harus memiliki beberapa upaya dalam menghadapi masa pandemi lainnya di kemudian hari.
  4. Jaga cash flow. Keuangan merupakan urat nadi dari bisnis terutama UMKM. Namun, jika cash flow-nya bermasalah maka usaha ini nantinya akan ikut bermasalah. Oleh karena itu, jagalah aliran keuangan Anda sebaik mungkin agar kegiatan operasional bisnis terus berjalan lancar.
  5. Menjaga hubungan kepada banyak pihak. Istilah “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh” sangat cocok untuk poin ini. Karena dalam bisnis pastinya membutuhkan bantuan pihak lain seperti supplier, vendor, konsumen dan lainnya. Oleh karena itu, Anda harus menjaga hubungan baik kepada pihak-pihak tersebut. Karena, nantinya merekalah yang akan membantu Anda ketika mengalami kesulitan
  1. Melakukan perencanaan ulang serta memotong biaya yang tidak perlu. Anda harus berhati-hati dan mulai menata ulang rencana bisnis selama masa pandemi. Akibatnya target pendapatan, penjualan dan kegiatan operasional dapat berubah. Selain itu, Anda bisa menganalisa usaha yang dijalankan dan memperkirakan lini mana yang harus dipertahankan atau ditinggalkan. Karena hal ini dapat menghemat anggaran keuangan untuk kegiatan operasional lain yang lebih menguntungkan.
  1. Perhatikan stok dan transaksi yang dilakukan. Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah stok barang yang dimiliki. Pastikan selalu cukup dan supply-nya tetap lancar. Namun, pastikan pula biaya stoknya tetap sesuai budget agar keuangan tidak morat-marit ke depannya.

Kemudian, perhatikan transaksi yang dilakukan dengan baik. Jangan sampai terjadi transaksi yang tidak diperlukan. Oleh karena itu, pemilik UMKM harus terbuka akan transaksi online agar setiap transaksi dapat di trace dengan baik.

Itulah berbagai informasi tentang cara daftar UMKM secara lengkap yang perlu untuk diketahui. Jika Anda ingin membuka usaha tanpa repot maka gunakanlah jasa legalitaskita.id. Karena penyedia jasa ini sangat berpengalaman dan profesional sehingga urusan usaha Anda menjadi lebih mudah dan aman.

Sumber:

https://portalsulut.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-851272739/link-pendaftaran-online-blt-umkm-2021-sudah-bisa-diakses-simak-ini-sebelum-mendaftar
https://cerdikindonesia.pikiran-rakyat.com/news/pr-861417538/cara-daftar-blt-umkm-2021-online-pakai-hp-langsung-dapat-uang-rp24-juta?page=4
https://money.kompas.com/read/2020/05/05/184512726/8-tips-agar-umkm-dapat-bertahan-di-tengah-virus-corona
https://www.online-pajak.com/seputar-pph-final/peran-umkm
https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/02/10/akses-eformbricoidbpum-cek-penerima-blt-umkm-rp-24-juta-pencairan-di-bri-hingga-18-februari
https://legalitaskita.id/
https://bukukas.co.id/blog/2020/08/12/surat-izin-tempat-usaha-situ-pengertian-syarat-dan-cara-pembuatannya/#Perbedaan_SITU_dengan_SIUP
https://legalitaskita.id/blog/panduan-lengkap-cara-membuat-siup-syarat-biaya-dan-prosedurnya/
http://alimsyahumkm.blogspot.com/p/syarat-umkm.html