Mengapa Usaha Jasa Konstruksi Membutuhkan SIUJK?

Usaha Jasa Konstruksi merupakan kegiatan masyarakat dalam mewujudkan rancang bangun yang berfungsi sebagai pendukung atau prasarana aktivitas sosial ekonomi kemasyarakatan guna menunjang terwujudnya tujuan pembangunan nasional. Maka dari itu dibutuhkan formasi perizinan yang kuat dan menjamin perlindungan masyarakat.

Menurut pasal 1 Undang Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Usaha Jasa Konstruksi menyebutkan bahwa:

“Pekerjaan Konstruksi adalah keseluruhan atau sebagian kegiatan yang meliputi pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan, pembongkaran, dan pembangunan kembali suatu bangunan.”

Untuk mendapatkan perizinan usaha jasa konstruksi setidaknya Anda wajib memiliki beberapa komponen seperti SKA (Sertifikasi Tenaga Ahli) dan juga SKT (Surat Keterangan Ketrampilan), kemudian SBU (Sertifikasi Badan Usaha), dan yang terakhir barulah Anda bisa mengurus Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK). Sertifikasi Keahlian (SKA) dan Sertifikasi Keterampilan (SKT) diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) dengan masa berlaku selama 3 tahun.

Dibentuknya kebijakan yang menetapkan bahwa usaha jasa konstruksi memerlukan perizinan yang kompleks bukan tanpa alasan. Misi besarnya adalah untuk melindungi kepentingan masyarakat dan pembinaan dibidang jasa konstruksi. Disebutkan juga bahwa sektor jasa konstruksi merupakan kegiatan masyarakat dalam mewujudkan bangunan yang berfungsi sebagai pendukung atau prasarana aktivitas sosial ekonomi kemasyarakatan. Sehingga usaha jasa konstruksi yang tergolong kegiatan primer ini tidak lantas disetarakan dengan bidang usaha perdagangan umum lainnya.

Izin Usaha Jasa Konstruksi berdaya guna tidak hanya untuk mewujudkan struktur usaha yang kukuh, andal, dan berdaya saing tinggi dari sisi para penggiat usaha ini. Komitmen izin khusus ini juga berusaha memberikan jaminan dari hasil jasa konstruksi yang berkualitas untuk melindungi keselamatan publik dan menciptakan kenyamanan lingkungan terbangun.

Standar yang dipasang pemerintah berfungsi sebagai tolok ukur bagi pemain usaha jasa konstruksi dalam peningkatan kompetensi, profesionalitas, dan produktivitas tenaga kerja konstruksi nasional.

Sudahkah Anda membuat Izin Usaha Jasa Konstruksi dan turunannya? Kami dapat membantu Anda dalam pembuatan izin khusus ini. Silakan jangkau kami melalui kontak di bawah.

Share this article:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Legalitas Kita
Hotline : +62 811 1778 805 / +62 821 1200 7880; dan
email : info@legalitaskita.com