fbpx

Spesifikasi Perbedaan TDP dan NIB

NIB dan TDP memiliki spesifikasi masing-masing, namun tentunya dengan peraturan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam upaya memudahkan para pelaku usaha melalui OSS, kini NIB lebih memiliki peranan penting sebagai pasak multifungsi dalam legalitas perusahaan Anda.

Dalam menopang akar bisnis, poin perizinan merupakan salah satu sumbu penting yang wajib dilakukan agar kegiatan usaha tersebut sah dimata hukum. Negara melalui tatanan birokrasinya memfasilitasi masyarakat yang hendak melegalkan aktivitas niaga mereka dengan menerbitkan izin online dari sistem pelayanan terpadu (OSS), yang saat ini tengah gencar disuarakan yakni Nomor Induk Berusaha atau NIB. Lantas bagaimana dengan TDP, yang keberadaannya saat ini digantikan oleh NIB?

Nomor Induk Berusaha didefinisikan sebagai identitas pelaku usaha yang diterbitkan
oleh Lembaga OSS setelah Pelaku Usaha melakukan pendaftaran. Sedangkan TDP adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan-peraturan pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang.

Perbedaan antara NIB dan TDP juga kentara pada jangka waktu penggunaan legalitas tersebut. NIB berlaku selama pelaku usaha menjalankan usaha dan/atau kegiatannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. TDP berlaku dalam jangka waktu 5 (lima) tahun terhitung mulai tanggal diterbitkan dan wajib diperbaharui paling lambat 3 (tiga) bulan sebelum masa berlakunya berakhir.

Selain itu NIB dan TDP diterbitkan oleh intansi yang berbeda, NIB oleh lembaga OSS sementara TDP diterbitkan oleh instansi yang berwenang yakni melalui JakEvo dan dapat berbarengan dengan SIUP.

Dokumen yang menjadi syarat terbitnya masing-masing legalitaspun berbeda. Apabila TDP memerlukan Akta Pendirian, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), NPWP Perusahaan dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dalam proses submitnya. Maka NIB hanya memerlukan segelintir dokumen saja berupa Akta Pendirian, SK Kemenkumham dan NPWP Perusahaan.

Apabila dilihat dari bentuknya, TDP dicetak pada blanko berwarna dengan rincian Nomor TDP, masa berlakunya, identitas perusahaan seperti nama, alamat, status kantor dan nomor telepon kantor, dan yang terpenting adalah satu kegiatan usaha utama dari perusahaan. Untuk NIB, rincian identitas perusahaan berupa nama, alamat, nomor NPWP, nomor telepon dan fax, email dan status penanaman modal. NIB sebenarnya berbentuk 13 (tiga belas) digit angka acak yang diberi pengaman dan disertai dengan Tanda Tangan Elektronik.

Keunggulan dan kemudahan yang disuguhkan oleh NIB tertulis pada lembarannya bahwa NIB merupakan bukti pendaftaran penanaman modal/berusaha yang sekaligus merupakan pengesahan TDP. Pelaku Usaha yang telah mendapatkan NIB sekaligus terdaftar sebagai peserta jaminan sosial kesehatan dan jaminan sosial ketenagakerjaan. Selain itu apabila perusahaan Anda bergerak dalam bidang ekspor dan impor maka NIB berfungsi sebagai API dan hak akses kepabeanan.

Sudahkah Anda mengurus NIB perusahaan saat ini? Silakan hubungi kami dalam pengurusan NIB, jangkau kami melalui nara hubung dibawah ini.

Legalitas Kita

Hotline : +62 811 1778 805 / +62 821 1200 7880; dan
email : 
info@legalitaskita.com

Legalitas Kita
Hotline 1 : +62 811 1778 805
Hotline 2 : +62 821 1200 7880
Email : info@legalitaskita.com
Share this article:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Try Legalitaskita for FREE Unlimited access to legal documents and legal advice.

FOLLOW US!