Jasa Pendirian Usaha Terbaik & Terlengkap

Solusi mudah untuk pendirian pt, cv, yayasan, pendaftaran merek dan lainnya

Tips Memilih Notaris yang Murah

Notaris bisa memberikan layanan kepada masyarakat yang sama sekali tidak mengerti soal hukum. Namun, meminta tolong Notaris untuk mengurus berbagai hal tentang hukum termasuk buat PT ini tidak gratis. Ada sejumlah biaya yang mesti kita keluarkan.

Biaya untuk Notaris bermacam-macam ada yang sangat mahal dan ada yang murah atau terjangkau. Namun, kalau anda sedang minim dana jangan hanya mencari notaris murah saja namun tetap utamakan yang berkualitas dan terpercaya.

Notaris yang terpercaya mampu mengurus segala tugas dengan baik dan diharapkan bisa berjalan dengan lancar. Untuk buat PT ini selalu ada lika liku permasalahan yang ada, maka dari itu memilih notaris harus tepat. Berikut ini tips memilih notaris yang murah namun berkualitas:

a. Carilah Jasa Notaris Murah Tapi Jujur

Tentunya seorang Notaris adalah seseorang yang sangat tahu mengenai hukum yang tidak diketahui oleh orang awam. Namun demikian, untuk mencari Notaris yang jujur bisa dilihat dari karakter dia melayani para klien-kliennya.

Biasanya karakter notaris yang jujur terlihat dari perilaku yang sopan, sangat menghormati para klien dan tidak muluk-muluk dalam memberikan janji-janji manis. Notaris yang murah dan jujur pasti banyak yang menyukai.

Anda bisa melihat berapa klien yang dia tangani, kalau banyak yang menggunakan jasanya, sudah bisa disimpulkan bahwa notaris tersebut memang jujur dan bisa diandalkan. Tidak mungkin kan orang percaya menyerahkan urusan hukum ke Notaris tidak jujur.

Selain itu anda bisa ketahui mengenai apakah Notaris yang ingin anda gunakan jasanya jujur atau tidak dengan merekam jejak si Notaris. Anda bisa cari tahu klien-klien yang pernah memakai jasanya.

b. Pelayanannya Baik

Diluaran sana mungkin banyak yang menawarkan harga yang murah. Namun tetap ingat, anda harus tetap perhatikan cara Notaris tersebut memberikan pelayanan kepada anda. Jika jasa Notaris memberikan layanan yang baik sudah pasti anda nyaman dan merasa senang menggunakan jasa notaris tersebut.

Biaya yang murah tidak boleh menjadi alasan bagi si Notaris untuk melayani klien dengan baik. Harga kan si Notaris yang menawarkan demi menarik klien, nah sudah menjadi keharusan bagi Notaris tetap memberikan pelayanan terbaiknya.

Seorang Notaris yang baik juga harus memenuhi kode etik yang mesti dia jalankan. Misalnya saja harus memiliki tanggung jawab penuh terhadap pekerjaan yang ditanganinya dan tidak boleh melanggar hak yang mesti diterima orang lain.

c. Tidak Memberikan Biaya Tambahan Diluar yang Disepakati Diawal

Biaya Notaris bisa berbeda-beda tergantung dari tugas atau pekerjaan yang mesti diselesaikan. Kalau urusannya lebih sulit bisa jadi biaya-biaya yang dikeluarkan jadi banyak.

Untuk mengatasi tidak ada biaya tambahan atau biaya tanpa terduga sebaiknya pastikan terlebih dahulu kisaran biaya yang nanti harus anda keluarkan. Semua masalah biaya sebaiknya sudah jelas diawal agar tidak ada unsur kecurigaan.

Kalau semua biaya sudah ada kesepakatan diawal, proses pembuatan PT bisa berjalan dengan nyaman dan tenang. Untuk biaya Notaris bisa dihitung dengan melihat persoalan yang anda hadapi dan kiranya apa saja yang bisa dikerjakan notaris.

Agar tidak salah perhitungan, anda bisa memilih Notaris yang memang sudah berpengalaman dan kompeten. Kalau Notaris masih abal-abal, biasanya tidak terlalu menguasai terkait biaya yang mesti dikeluarkan untuk berbagai urusan berkaitan dengan hukum.

d. Memiliki Legalitas Hukum

Notaris memiliki kewenangan mengenai semua masalah tentang hukum. Dengan begitu tentunya seorang Notaris sudah paham bahwa mendirikan sebuah usaha juga harus berdasarkan undang-undang.

Ada ijin usaha dan ada surat secara resmi mengenai pengangkatan dirinya dari menteri hukum dan HAM RI. Notaris yang sudah mendapatkan izin atau pengangkatan resmi dari Menteri hukum akan mendapatkan pengawasan. Hal ini bertujuan agar dalam menjalankan tugasnya tidak menyeleweng.

Hal lain yang mesti ditekankan bahwa seorang Notaris sebaiknya memiliki kode etik yang sempat tadi kita singgung diatas. Dengan begitu klien yang menyerahkan semua urusan ke Notaris ini akan lebih merasa nyaman dan aman.