Jasa Pendirian Usaha Terbaik & Terlengkap

Solusi mudah untuk pendirian pt, cv, yayasan, pendaftaran merek dan lainnya

Biaya, Prosedur dan Syarat Pendirian Yayasan terbaru

Anda berencana mendirikan sebuah yayasan? Mendirikan yayasan memiliki syarat tertentu. Lalu, apa saja prosedur pendirian yayasan? Berikut ulasannya.

Anda memiliki keinginan mendirikan yayasan? Sudahkah Anda tahu syarat pendirian yayasan? Sebelum mendirikan yayasan, maka Anda harus tahu apa saja berkas dan syarat yang dibutuhkan karena sudah ada aturannya dalam Undang Undang. Lalu, apa syarat dan berapa biayanya? Simak ulasan berikut ini.

Biaya Mendirikan Yayasan Terbaru

Untuk mendirikan sebuah yayasan, Anda perlu menyiapkan berbagai persyaratan yang bisa dibilang tidak sedikit. Untuk menyiapkan persyaratan tersebut tentu dibutuhkan beberapa biaya seperti untuk administrasi nama.

Dengan banyak sekali syarat dan berkas yang harus disiapkan, maka Anda bisa memesan jasa pendirian yayasan untuk memudahkan Anda menyiapkan persyaratan yang banyak. Jika Anda memesan jasa konsultan, maka Anda hanya perlu menyiapkan biaya pendirian yayasan sekitar Rp 3 sampai 7 juta.

Syarat Pendirian Yayasan yang Perlu Disiapkan

Persyaratan mendirikan yayasan ada banyak sekali mulai dari merumuskan nama, struktur kepengurusan sampai tahap terpenting yaitu pengesahan. Persyaratan pendirian sudah ada ketentuannya di UU No. 28 Tahun 2004 dan UU no.63 Tahun 2001 tentang yayasan.

Lalu, apa syarat pendirian yayasan yang dibutuhkan? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

  1. Pendiri dengan Jumlah Satu Orang Maupun Lebih

Sebuah yayasan haruslah didirikan baik oleh perseorangan maupun sebuah lembaga yang berjumlah minimal satu orang dan boleh lebih. Jika Anda adalah warga negara asing, maka Anda tidak perlu khawatir karena pendiri yayasan boleh berasal dari WNA namun dengan beberapa syarat tertentu.

Adapun beberapa ketentuannya yaitu mengajukan paspor sah, bermukim di Indonesia dan lainnya.

  1. Kekayaan atau Aset Yayasan

Syarat pendirian yayasan yang kedua selanjutnya yaitu mengenai jumlah aset yang sudah dipisahkan dari kekayaan pendiri.

Untuk mengesahkan yayasan, maka kekayaan maupun modal awal yang dimiliki yayasan tanpa harta pendiri harus memiliki nilai paling sedikit Rp 10 juta jika pendiri adalah warga negara Indonesia.

Jika pendiri merupakan WNA maka kekayaan awal haruslah berjumlah minimal Rp 100 juta. Banyaknya kekayaan ini bisa dibuktikan melalui bukti modal atau surat pernyataan dari pengurus atau pendiri.

Aset atau kekayaan yang dimaksud bisa berbentuk uang, tanah atau aset yayasan lain yang sudah terpisah dari aset pendiri.

  1. Akta Notaris Pendirian yang Disahkan Menteri
Contoh Akta PT / CV

Syarat ini adalah syarat pokok untuk memperoleh izin mendirikan yayasan yang wajib dibuat oleh semua yayasan yaitu akta pendirian. Adapun ketentuan pembuatan akta yaitu harus berupa akta notaris dan memakai bahasa Indonesia. Akta ini akan ditandatangani oleh para pendiri.

Contoh akta pendirian yayasan yaitu tercantum beberapa dokumen yang berada di dalam akta pendirian seperti keterangan semua nama struktur kepengurusan, nama yayasan sah, tujuan dibuatnya yayasan, lokasi yayasan, bukti jumlah kekayaan dan keterangan domisili.

Setelah mencantumkan dokumen di atas maka tinggal penandatanganan oleh semua pendiri yayasan, maka tahap selanjutnya akan dilakukan oleh notaris. Notaris akan mengirim permohonan legalitas akta kepada Kementerian paling lama 10 hari setelah akta ditandatangani.

Apabila akta sudah disetujui oleh Menteri, maka yayasan sudah resmi berdiri.

  1. Nomor Seri Pajak atau NPWP

Meski sudah memperoleh akta pendirian, Anda juga tetap perlu mengurus NPWP sebagai syarat pendirian yayasan. Nomor tersebut adalah tanda wajib pajak baik pajak pribadi maupun pajak suatu lembaga. NPWP ini bisa Anda peroleh dari kantor perpajakan dengan mengajukan beberapa dokumen seperti

  • Formulir mengajukan NPWP yang dapat Anda peroleh melalui KPP
  • Beberapa lembar fotokopi NPWP pribadi yang dimiliki ketua yayasan, Kartu Tanda Penduduk pengurus yayasan, akta notaris pendirian sah
  • Surat mengenai domisili yang dibuat oleh kelurahan setempat
  1. Perumusan Nama Yayasan

Sebelum memutuskan untuk mengesahkan yayasan tentu Anda dan rekan Anda sudah menentukan nama yayasan yang ingin digunakan. Adapun ketentuan nama yang bisa dipakai yaitu

  • Pastikan belum ada yayasan yang menggunakan nama tersebut
  • Nama yayasan harus diawali dengan kata yayasan
  • Terdiri dari tiga kata

Nama yang sudah disiapkan akan diajukan oleh notaris dan dikaji serta disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Jika nama yang diajukan mendapat persetujuan maka Anda dapat melanjutkan tahapan selanjutnya tanpa membuat nama yayasan lagi.

  1. Dokumen Lain

Selain syarat di atas ada beberapa persyaratan lain yang perlu disiapkan antara lain

  • Rencana proker tahunan yayasan
  • Beberapa lembar fotokopi dari Kartu Tanda Penduduk dari semua kepengurusan
  • Struktur pengurus yayasan lengkap
  • Gambar gedung dan ruang yayasan
  • Foto kepala lembaga
  • Keterangan  mengenai domisili yang bisa didapat dari kelurahan
  • Fotokopi keterangan ijin mendirikan bangunan
  • Fotokopi dari surat keterangan kepemilikan lokasi yayasan

Dokumen tersebut perlu Anda siapkan dan nantinya akan digunakan untuk melengkapi persyaratan tahapan pendirian yayasan.

Tahapan Pendirian Yayasan Lengkap

Beberapa syarat yang sudah disebutkan di atas bisa Anda kumpulkan dan diajukan kepada notaris. Setelah dokumen disiapkan, maka Anda tinggal mengikuti prosedur pendirian.

Lalu, bagaimana tahap atau prosedur mendirikan yayasan? Secara garis besar tahapan dari mendirikan sebuah yayasan yaitu tahap perumusan nama, proses validasi dan tahap verifikasi.

Informasi mengenai tahapan lengkapnya bisa Anda simak berikut ini.

  1. Perumusan Nama Yayasan

Langkah awal yaitu Anda harus merumuskan nama dari yayasan yang akan diajukan kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk disahkan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pastikan jika nama yang Anda tetapkan belum dipakai oleh yayasan lain.

Anda bisa mengajukan tiga nama berbeda untuk mengantisipasi nama ditolak. Jika nama yayasan berhasil disahkan maka Anda bisa lanjut ke proses selanjutnya dan membuat akta pendirian.

Tidak hanya merumuskan nama, Anda juga harus menentukan visi, misi serta fokus bidang dari yayasan. Apakah yayasan nanti akan bergerak pada bidang sosial, agama atau kemanusiaan.

  1. Menyiapkan Bukti Aset Modal Awal

Seperti sudah disebutkan di atas, kekayaan milik yayasan yang sudah terpisah dari aset pendiri haruslah bernilai minimal Rp 10 juta untuk warga negara Indonesia dan minimal Rp 100 juta untuk pendiri yang merupakan warga negara asing.

Modal boleh berbentuk uang, tanah maupun benda berharga lainnya. Setelah itu Anda tinggal membuat bukti modal atau sebuah keterangan yang dibuat oleh pendiri yang menjelaskan jumlah aset yayasan yang merupakan kekayaan yang sudah dipisah.

  1. Menetapkan Struktur Kepengurusan

Sesudah menetapkan nama yayasan, Anda juga harus menetapkan struktur kepengurusan yayasan lengkap. Struktur kepengurusan ini sendiri terdiri dari badan pengawas, pembina dan pengurus.

Ketiga posisi tersebut memiliki tugas serta fungsi masing masing yang bisa Anda rundingkan bersama rekan Anda.

Karena memiliki tugas yang berbeda beda maka tidak dibolehkan ada yang merangkap dari ketiga posisi di atas. Lama jabatan dari kepengurusan yaitu selama lima tahun. Setelah struktur selesai, maka tinggal membuat surat kesediaan dari pihak yang terpilih menjadi pengurus.

  1. Melengkapi Dokumen

Tahap selanjutnya yaitu melakukan pendaftaran dengan mengumpulkan berbagai dokumen seperti

  • Keterangan nama yayasan yang telah disahkan
  • Keterangan mengenai domisili yang dibuat oleh kelurahan
  • Keterangan nama dari seluruh kepengurusan yayasan
  • Nomor seri pajak pribadi dari pimpinan yayasan
  • Fotokopi beberapa lembar Kartu Tanda Penduduk pembina, pengawas serta pengurus
  • Surat yang menyatakan persetujuan dari struktur pengurus terpilih

Jika sudah semua Anda tinggal mendatangi notaris. Disini Anda memerlukan notaris yang akan mengawasi jalannya pendirian yayasan dari awal sampai peresmian.

  1. Membuat Akta Pendirian Yayasan

Ini adalah syarat terpenting untuk mendirikan yayasan yaitu pembuatan dan pengesahan akta notaris yayasan. Akta pendirian ini haruslah dibuat dalam bentuk akta notaris serta ditulis menggunakan bahasa Indonesia. Anda bisa melihat contoh akta pendirian yayasan pdf di yayasan yang sudah disahkan.

Jika akta notaris telah jadi maka tahap selanjutnya yaitu penandatanganan akta oleh pendiri bersama dengan notaris. Tahap selanjutnya notaris akan mengajukan permohonan agar akta disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

  1. Mengurus Nomor Seri dari KPP

Tahapan selanjutnya yaitu Anda harus memperoleh NPWP yang dapat Anda peroleh jika akta notaris dari pendirian yayasan sudah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. NPWP ini bisa Anda peroleh di Kantor Perpajakan dengan mengajukan beberapa dokumen.

Berkas berkas seperti yang sudah disebutkan di atas yaitu seperti formulir pengajuan, fotokopi Kartu Tanda Penduduk Kepala Yayasan dan lainnya. NPWP ini adalah nomor seri wajib pajak Indonesia yang wajib dimiliki yayasan agar bisa memiliki legalitas.

  1. Mendapatkan Tanda Daftar dari Dinas Sosial

Yayasan yang sah juga wajib memiliki bukti daftar yang dibuat oleh Dinas Sosial. Anda bisa mendapatkan tanda daftar yayasan dengan cara membuat permohonan kepada Dinas Sosial atau Kepala Dinas Bintal dan Kesos.

Surat permohonan diajukan bersama dengan dokumen seperti fotokopi akta notaris pendirian, keterangan susunan kepengurusan yang lengkap, keterangan domisili yayasan dan rencana proker tahunan.

  1. Pengumuman Melalui Berita NKRI

Setelah berbagai syarat terpenuhi serta disahkan oleh Menteri maka peresmian yayasan harus diumumkan di berita NKRI. Pengumuman ini dibuat oleh Menteri sesudah aktanya diresmikan.

Itulah prosedur atau tahap tahap yang perlu dilalui agar yayasan bisa mulai berjalan.

Setelah itu yayasan sudah resmi menjadi bagian hukum dan semua aktivitas memiliki tanggung jawab hukum. Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa yayasan bukanlah organisasi profit sehingga harus memiliki tujuan kemanusiaan, agama atau sosial. Perlu Anda ketahui yayasan juga tidak diperboleh memiliki anggota.

Salah satu keuntungan mendirikan yayasan yaitu dapat meringankan dan menyelesaikan permasalahan serta membantu perekonomian yang ada di masyarakat sehingga diharapkan Anda dapat menjalankan yayasan dengan program sebaik mungkin.

Tahapan mengesahkan yayasan sendiri bisa memakan waktu sampai 10 hari lebih dengan berbagai syarat dan dokumen yang banyak. Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu, Anda bisa memesan jasa pendirian yayasan kami, Legalitaskita.

Legalitaskita merupakan jasa pendirian yayasan, PT dan CV yang siap melayani Anda dan menyiapkan segala kebutuhan untuk mendirikan yayasan dengan pelayanan cukup terjangkau yaitu mulai Rp 2 jutaan. Untuk informasi lengkapnya silahkan kunjungi halaman jasa pendirian yayasan

Itulah biaya, syarat dan prosedur pendirian yayasan terbaru dari kami yang bisa Anda jadikan referensi untuk mendirikan yayasan. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai syarat maupun tahapan berdirinya yayasan Anda bisa bertanya kepada notaris atau berkonsultasi dengan jasa kami, Legalitaskita.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Yayasan