Panduan Lengkap Cara Membuat SIUP, Syarat, Biaya dan Prosedurnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on reddit
Reddit
Share on email
Email
Cara membuat SIUP kini dilakukan dengan sistem online melalui sistem OSS yang meminta penerbitan Nomor Izin Berusaha (NIB) lebih dulu. SIUP pun tak perlu perpanjangan.

Saat Anda memiliki usaha bisnis, maka Anda memiliki kewajiban untuk mendaftarkan usaha bisnis tersebut di perizinan setempat yang dibuktikan dengan adanya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Cara membuat SIUP ini penting Anda ketahui walaupun usaha bisnis Anda saat ini terbilang masih kecil. Dengan mengurus SIUP ini akan membantu segala administrasi pengembangan usaha yang dikelola.

Berdasarkan besarnya modal, macam-macam SIUP terdiri dari 3 jenis yakni, SIUP besar untuk pemilik modal di atas Rp500 juta, SIUP sedang untuk pemilik modal antara Rp200 juta hingga Rp500 juta, dan SIUP kecil untuk pemilik modal Rp200 juta atau lebih kecil dari itu. Memiliki SIUP ini akan mempermudah aktivitas bisnis Anda sekaligus memudahkan pengusaha untuk mengakses sumber modal.

Syarat-Syarat Membuat SIUP

Sebelum melakukan pengurusan secara teknis prosedural di instansi terkait, hal yang agak rumit perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan syarat-syarat administrasi yang diminta. Persyaratan membuat SIUP didasarkan pada jenis usaha apa yang akan Anda ajukan. Apakah usaha bisnis perseorangan, perusahaan, koperasi atau yang lainnya, persyaratannya sedikit berbeda.

Berikut syarat-syarat pembuatan SIUP didasarkan pada jenis usaha yang dimiliki:

1.Perusahaan Perseorangan

Syarat membuat SIUP perseorangan sedikit lebih mudah dibandingkan bisnis perusahaan atau koperasi, jika Anda memiliki usaha bisnis pribadi dan membutuhkan surat izin usaha, maka kategori inilah yang bisa Anda jadikan sebagai panduan untuk pengajuan syarat-syarat. Apa saja berkas yang perlu Anda persiapkan? Berikut di antaranya:

Apa persyaratan pembuatan SIUP perorangan?

– Fotocopy E-KTP selaku pemilik saham atau pemegang modal beserta E-KTP aslinya.
– Fotocopy NPWP yang bersangkutan beserta kartu aslinya
– Surat keterangan domisili atau yang disebut SITU
– Materai Rp6000
– Neraca atau laporan keuangan perusahaan
– Pas foto dari direktur utama atau pemegang saham perusahaan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
– Kelengkapan izin lainnya didasarkan pada jenis usaha yang dilakukan.

Bila Anda memiliki usaha bisnis pribadi semacam toko kelontong atau toko produk lainnya di sekitar tempat tinggal Anda, maka syarat membuat SIUP untuk toko tersebut mengacu pada syarat pembuatan SIP untuk perusahaan perseorangan. Cukup mudah dan bisa Anda segerakan pengurusan izin usahanya untuk mempermudah Anda mengakses berbagai sumber modal.

2. Perusahaan Perseroan Terbatas (PT)

Pengurusan SIUP untuk PT meminta persyaratan yang sedikit berbeda dengan pengajuan perseorangan. Apa saja syarat pembuatan SIUP untuk PT? Berikut ini beberapa syarat yang perlu Anda penuhi:

Apa saja syarat pembuatan SIUP untuk PT?

– Fotocopy E-KTP dan aslinya dari pemilik sumber modal atau selaku direktur utama perusahaan
– Bila penanggung jawabnya seorang perempuan maka akan diminta fotocopy KK atau Kartu Keluarga beserta aslinya.
– Fotocopy NPWP beserta aslinya
– Surat keterangan domisili atau yang disebut SITU
– Fotocopy akta pendirian PT beserta aslinya, akta yang diminta adalah akta yang sudah disahkan oleh Kemenkumham
– Fotocopy SK Pengesahan Badan Hukum dan aslinya yang dikeluarkan oleh Kemenkumham
– Izin prinsip
– Surat izin gangguan (HO)
– Neraca atau laporan keuangan perusahaan
– Materai Rp6000
– Foto penanggung jawab atau pemegang modal perusahaan atau selaku direktur utama, ukuran foto sebesar 4×6 sebanyak 2 lembar
– Izin-izin lain yang dibutuhkan terkait dengan jenis usaha bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

3. Koperasi

Bila badan usaha yang Anda kelola berbentuk koperasi, maka izin usaha yang dibutuhkan memerlukan persyaratan yang berbeda pula. Apa syarat pembuatan SIUP untuk koperasi? Berikut beberapa syarat yang perlu Anda sediakan:

  • Fotocopy E-KTP beserta aslinya dari para dewan pengurus serta dewan pengawas lembaga koperasi terkait
  • Fotocopy NPWP beserta aslinya
  • Fotocopy akta pendirian koperasi dan aslinya dari instansi yang berwenang menerbitkannya
  • Daftar nama-nama susunan dari dewan pengurus serta dewan pengawas
  • Fotocopy SITU yang dikeluarkan oleh Pemda
  • Laporan keuangan koperasi
  • Materai Rp6000
  • Foto dari direktur utama, penanggung jawab atau pemilik perusahaan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Izin lainnya yang terkait dengan jenis usaha yang dikelola, izin tersebut biasanya dikeluarkan secara khusus oleh lembaga yang terkait dengan jenis bisnis usaha yang dikelola.

4. Perusahaan Perseroan Terbuka (Tbk)

Syarat pembuatan SIUP untuk Tbk juga berbeda dengan PT. Jika usaha bisnis Anda dalam bentuk Perseroan Terbuka, maka Anda perlu mempersiapkan beberapa persyaratan administrasi secara khusus seperti berikut ini:

  • Fotocopy E-KTP beserta aslinya dari direktur utama, penanggung jawab atau pemilik sumber modal
  • Fotocopy SIUP yang dimiliki sebelum perusahaan menjadi Tbk
  • Fotocopy akta notaris pendirian perusahaan dan perubahannya, serta surat persetujuan perubahan perusahaan dari perseroan tertutup menjadi perseroan terbuka yang dikeluarkan oleh Departemen Hukum dan HAM
  • Surat keterangan dari pihak Badan Pengawas Pasar Modal yang menjelaskan bahwa perusahaan terkait telah melakukan sistem penawaran yang dilakukan secara luas dan terbuka.
  • Fotocopy STP-LKTP atau Surat Tanda Penerimaan Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan pada tahun pembukuan terakhir.
  • Pas foto dari direktur utama, pemegang modal perusahaan atau penanggung jawab ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.

Apabila tempat usaha yang dimiliki bukan hak milik sendiri, maka perlu melampirkan syarat selanjutnya yakni Surat Izin Pemilik yang membuktikan dibolehkannya tempat tersebut digunakan sebagai tempat usaha. Surat tersebut ditandatangani di atas materai antara si penyewa yang menjalankan usaha dan pemilik tempat.

Prosedur Cara Pembuatan SIUP

Cara pembuatan SIUP kini bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

Sistem Online

Cara mengurus SIUP kini bisa dilakukan secara online. Pelayanan pemerintah untuk pembuatan surat izin usaha ini terintegrasi pada layanan yang disebut Online Single Submission (OSS). SIUP OSS ini menerbitkan surat atas nama walikota, gubernur, menteri hingga pimpinan lembaga.

Beberapa persyaratan yang perlu disiapkan untuk pengurusan SIUP online ini di antaranya adalah:

  • Untuk pembuatan akun atau user ID dibutuhkan NIK. Bila berbentuk badan usaha maka yang digunakan adalah NIK dari penanggung jawab.
  • Bagi badan usaha milik negara wajib untuk mempersiapkan dasar hukum dari pembuatan usaha tersebut
  • Sementara badan usaha dalam bentuk CV, PT, koperasi, firma, yayasan, dan sebagainya harus memiliki pengesahan dari Kemenkumham dengan cara mengakses AHU online

Setelah Anda memiliki semua berkas persyaratan yang diminta, maka langkah selanjutnya adalah membuat akun di OSS. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.Badan Usaha

Bagi badan usaha, user ID menggunakan NIK dari penanggung jawab badan usaha tersebut, lengkapi semua kolom registrasi yang diminta.

Setelah melakukan registrasi, sistem akan mengirimkan dua kali email untuk verifikasi data akun. Lalu akan dikirim user ID dan password sementara untuk mengakses sistem.

2. Perorangan

Jika perorangan maka user ID menggunakan NIK pribadi atau pemiliknya, isi form registrasi yang tersedia, lalu selanjutnya cek email untuk melakukan verifikasi akun OSS yang dibuat. Lalu setelah email dan password sementara sudah dikirim ke email, gunakan email dan password tersebut.

Cara Menggunakan Sistem OSS

Silakan log in ke https://oss.go.id/portal/. Gunakan password dan ID yang diberikan oleh sistem sebelumnya.

Setelah log in, isi formulir yang tersedia untuk mendapatkan Nomor Izin Berusaha (NIB). Bagi pelaku yang baru memulai usaha maka harus  melakukan izin dasar, komersial, dan operasional. Sedangkan bagi yang usahanya sudah berjalan, bisa mengurus izin untuk jenis usaha yang baru dimiliki, mengembangkan usaha, memperpanjang usaha dan sebagainya.

Bila Anda masih ragu bagaimana cara pembuatan SIUP secara online tersebut, maka bisa langsung datang ke kantor Dinas Perdagangan setempat dan menanyakan bagaimana prosedur yang berlaku. Saat ini pengurusan ini biasanya juga sudah dibuka di kantor perizinan terpadu yang ada di setiap daerah. Pengurusan satu pintu untuk semua perizinan, tergantung daerah masing-masing.

Prosedur pembuatan SIUP secara manual dengan datang langsung ke kantor perizinan atau Dinas Perdagangan biasanya membutuhkan waktu minimal dua pekan hingga berkas yang dibutuhkan tersebut jadi. Melalui perizinan satu pintu biasanya mekanisme pembuatannya bisa lebih cepat. Tanyakan informasi tersebut ke petugas terkait.

Bagi Anda yang tidak mau ribet dan kurang sabar untuk antre melakukan pengurusan administrasi, Anda bisa menggunakan penyedia jasa yang lebih memudahkan.Pengurusan SIUP ini biasanya juga sudah tergabung dalam paket pembuatan CV, PT dan sebagainya. Anda akan dikenakan biaya yang sesuai jika menggunakan jasa pembuatan tersebut.

Berapa Biaya Pengurusan SIUP?

Hal yang tak kalah penting jadi pertanyaan bagi para pengusaha tentunya soal biaya. Berapa biaya pembuatan surat izin usaha baik untuk perorangan atau perusahaan?

Bagi Anda yang ingin mengurus SIUP saja, bisa dilakukan menggunakan jasa notaris setempat. Saat Anda mengurus pembuatan PT, CV dan sejenisnya, biaya ini biasanya sudah termasuk di dalamnya.

Namun, bagaimana jika Anda ingin melakukan pengurusan terpisah dari paket pengurusan tersebut? Atau ingin melakukan pengurusan secara pribadi tanpa menggunakan jasa notaris?

Penting untuk Anda ketahui bahwa besaran angka tarif pembuatan SIUP ini diatur secara khusus oleh peraturan daerah setempat, jadi setiap daerah akan berbeda-beda angkanya.

Namun, untuk penggunaan jasa secara umum angkanya berada di kisaran jutaan rupiah. Besarnya biaya SIUP yang dibuat tergantung jenis SIUP tersebut, apakah kecil, menengah atau kelas modal besar.

Harga kisaran SIUP kecil dan menengah mulai dari Rp1,5 juta dengan waktu pengurusan normal sekitar 2 pekan. Sedangkan jika ingin lebih cepat bisa mengeluarkan anggaran sebesar Rp2,5 juta yang akan diurus menggunakan jasa notaris.

Kisaran harga pengurusan SIUP untuk jenis SIUP besar dengan waktu pengurusan normal sekitar Rp2,5 juta. Waktu normal sekitar 2 pekan. Jika ingin lebih cepat lagi maka bisa mengeluarkan anggaran sekitar Rp 4 jutaan.

Angka tersebut tentu saja relatif, tergantung jasa notaris yang Anda pilih, tetapi budget pengurusan administrasi ini perlu Anda anggarkan di atas satu juta rupiah.

Kapan Harus Mengurus Perpanjangan SIUP?

Kabar baik untuk Anda bahwa kini kepemilikan SIUP ini bisa berlaku seumur hidup alias tidak perlu lagi melakukan perpanjangan.

Berdasarkan Permendag  No. 7/M-DAG/PER/2/2017, selama perusahaan masih menjalankan usaha bisnis terkait maka tidak perlu lagi melakukan perpanjangan SIUP seperti peraturan sebelumnya. Aturan ini tentu saja mempermudah bagi para pelaku usaha untuk melakukan kegiatan operasional tanpa harus terkendala urusan administrasi.

Jenis Usaha yang Tak Perlu Menggunakan SIUP

Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP memang diwajibkan atas berbagai jenis usaha yang dikelola masyarakat, tetapi ada beberapa jenis usaha yang tidak diwajibkan memiliki SIUP ini. Aturan ini mengacu pada Permendag 36/M-DAG/PER/9/2007. Apa saja jenis usaha yang tidak membutuhkan SIUP tersebut?

  • Kantor cabang atau kantor perwakilan dari sebuah perusahaan tidak perlu memiliki SIUP
  • Perusahaan kecil perorangan yang tidak memiliki bentuk badan hukum, usaha kecil yang dikelola oleh kerabat dan keluarga tidak membutuhkan SIUP
  • Para pedagang keliling, kaki lima, asongan, dan pedagang pinggir jalan tidak memerlukan SIUP.

Keuntungan Memiliki SIUP dan Manfaatnya

Kenapa harus repot-repot mengurus SIUP untuk bisnis Anda? Bagi yang kurang suka urusan administrasi dan usaha bisnisnya masih kecil tentu mempertanyakan mengapa harus repot mengurus SIUP dan apa sih sebenarnya manfaatnya untuk bisnis usaha yang dikembangkan? Berikut ini beberapa alasannya:

1.Mengembangkan Bisnis

Bila Anda ingin bisnis yang dikelola menjadi besar, bisa mengelola aset ratusan juta atau lebih dari itu, maka Anda sudah pasti akan berpikir besar dengan membuat SIUP. Kewajiban memiliki SIUP ini ditiadakan bagi pelaku bisnis kecil seperti yang disebutkan di atas. Jadi jika Anda ingin bisnis Anda berkembang dan besar, segeralah mengurus SIUP tersebut.

2. Kemudahan Mengakses Dana Sebagai Sumber Modal

Saat Anda mendapat dana hibah, pinjaman modal ke bank dan sebagainya biasanya akan diminta SIUP sebagai persyaratan administrasi. Artinya jika Anda ingin sumber modal bisnis Anda semakin besar, persyaratan administrasi seperti SIUP ini harus dipenuhi. Bisnis akan berkembang seiring dengan bertambahnya aset dan modal.

Mendapatkan aset dan sumber modal tersebut membutuhkan persyaratan administrasi yang diminta, salah satunya adalah SIUP tersebut.

3. Mendukung Persyaratan Administrasi Lainnya

SIUP adalah salah satu persyaratan administrasi sebuah perusahaan baik perorangan atau miliki badan usaha yang keberadaannya dibutuhkan untuk pembuatan administrasi yang lainnya. Jadi jika Anda tidak memiliki SIUP maka akan sulit untuk mengurus berkas administrasi lainnya yang terkait. Miliki SIUP untuk memudahkan pengurusan administrasi lainnya.

4. Bukti Legalitas Sebuah Bisnis

Administrasi bisnis yang dimiliki seseorang adalah bukti bahwa bisnis yang dikelola memang terpercaya dan tidak main-main. Hal ini secara otomatis juga memberi motivasi bagi pemiliknya untuk lebih serius mengembangkan bisnis usaha tersebut.

Adanya legalitas memberikan jaminan keamanan bagi pelaku bisnis dari ketidakpercayaan para pelanggan. Bukti administrasi sekaligus membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk bisnis yang Anda jual.

Memiliki SIUP ini juga memberikan jaminan keamanan bisnis yang Anda kelola di sekitar lingkungan tempat bisnis beroperasi. Jika tidak memiliki izin usaha maka akan sangat rentan dianggap sebagai bisnis ilegal dan bisa jadi tidak diizinkan lagi beroperasi di lingkungan terkait, apalagi jika lokasi tempat bisnisnya bukan milik pribadi.

Segera lengkapi berbagai administrasi bisnis Anda untuk membantu Anda lebih mudah melakukan pengembangan usaha bisnis terutama di sektor pengembangan modal. Bisnis memerlukan administrasi yang layak, dengan administrasi inilah akan lebih mudah dikembangkan.

Mereka yang malas mengurus administrasi seperti SIUP misalnya, maka bisnisnya pun selamanya akan menjadi bisnis kecil yang tidak membutuhkan SIUP. Persyaratan yang Anda miliki akan mendorong Anda lebih serius dalam mengembangkannya.

Cara buat SIUP bisa Anda pelajari karena kemudahan pelayanan secara online. Namun, jika ingin lebih simple biasanya kebanyakan orang menggunakan jasa notaris dan sejenisnya untuk mendapatkan harga yang lebih hemat, bersama dengan pengurusan badan hukum yang dipilih untuk bisnis.

Legalitas Kita
Hotline 1 : +62 811 1778 805
Hotline 2 : +62 821 1200 7880
Email : info@legalitaskita.com