Bikin PT Itu Mudah Loh! Simak Informasi Selengkapnya Disini

Bikin PT itu mudah atau sulit? Banyak pertanyaan muncul dari para pengusaha besar yang masih tergolong baru dalam menjalankan usahanya. Karena belum begitu berpengalaman, mereka pun bingung bagaimana cara mendidikan PT. Seperti yang kita ketahui bersama, di zaman sekarang ini tidak ada yang sulit karena orang pintar banyak dan fasilitas juga lebih memadai daripada zaman dulu.

bikin pt

Untuk Anda yang belum tahu bagaimana prosedur membuat PT, silahkan simak informasi pengurusan PT ala LEGALITASKITA! Ada penjelasan lengkap tentang apa itu PT lengkap dengan bagaimana prosedur pembuatan PT yang legal. Langsung saja simak informasinya berikut.

Apa itu PT, Diperuntukkan untuk Siapa, dan Bagaimana Organisasinya?

Sebelum membahas mengenai prosedur pembuatan PT, pahami dulu apa itu PT. Untuk masyarakat awam, PT mungkin diartikan sebagai kegiatan usaha yang berbadan hukum. Pengertian ini memang tidak salah. Akan tetapi, ada baiknya simak dulu pembahasan lengkap ini.

Apa itu PT?

Perseroan terbatas (PT) merupakan suatu badan hukum untuk menjalankan suatu usaha dengan modal usaha berasal dari saham beberapa orang. Dalam hal ini, pemilik PT pun punya sebagian saham dari modal yang digunakan untuk usaha tersebut.

Saham-saham tersebut bisa diperjualbelikan. Untuk menjual saham kemudian mengganti pemilik yang baru tidak perlu membubarkan perusahaan, hanya perlu mengurusnya di ahli hukum yang berwenang, misalnya Notaris.

Saham-saham tersebut tidak harus dimiliki oleh satu orang saja. Bahkan, Anda bisa memiliki banyak saham kalau memang ada kelonggaran modal. Nanti untuk kepemilikannya bisa atas nama anda sendiri.

Siapa yang Bisa Mendirikan PT?

Apakah Anda bisa mendirikan PT? Ini mungkin pertanyaan yang terlintas dalam benak Anda. Pada dasarnya, PT bisa didirikan oleh siapa saja dengan minimal dua orang. PT juga bisa didirikan oleh badan hukum. Yang penting, ada modal usaha dan juga jenis usaha yang dikembangkan.

Jika saat ini Anda sudah mempunyai usaha sendiri, saatnya mengurus pembuatan PT. Mengapa harus mengurus PT? Tentu saja supaya usaha Anda legal dan dipercaya publik.

Siapa Saja Organisasi PT?

Dalam perseroan terbatas, Anda juga harus tahu bahwa kekayaan perusahaan dan kekayaan pemilik modal itu terpisah. Selain itu, beberapa perusahaan juga memisahkan antara pemilik dengan pengelola perusahaan. Orang yang mengelola perusahaan adalah orang-orang yang ahli di bidangnya. Ada organisasi sendiri untuk mengelola PT.

Struktur organisasi PT terdiri dari 3 bagian, yaitu pemegang saham, direksi, dan juga dewan komisaris.

1. Pemegang Saham

Para pemegang saham rutin mengadakan rapat dalam kurun waktu tertentu. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dihadiri oleh semua pemegam saham, entah besar maupun kecil. Lalu, setiap pemegang saham juga berhak menyampaikan pendapatnya untuk memajukan perusahaan.

Beberapa hal yang dibahas dalam RUPS adalah evaluasi kinerja dan juga kebijakan perusahaan yang akan segera dilaksanakan. Apabila pemegang saham berhalangan, ia bisa mewakilkan suaranya kepada pemegang saham lain. Hadil RUPS kemudian diimpahkan ke komisaris untuk selanjutnya dijalankan oleh direksi.

2. Direksi

Direksi merupakan organisasi yang bertugas untuk menjalankan perusahaan. Para pemegang saham melalui komisaris melimpahkan wewenangnya kepada direksi untuk mengelola dan juga mengembangkan perusahaan. Dalam menjalankan tugas tersebut, apabila perusahaan mengalami kerugian yang besar (lebih dari 50%), direksi harus melaporkannya kepada para pemegang saham dan juga pihak ketiga untuk segera dirapatkan.

3. Komisaris

Dalam organisasi perusahaan, komisaris bertindak sebagai pengawas. Komisaris mengawasi kinerja jajaran direksi perusahaan. Dalam melaksanakan tugasnya, komisaris dapat memeriksa pembukuan, memberi petunjuk, menegur direksi, bahkan memberhentikan direksi. Melalui RUPS, komisaris bisa memberhentikan direksi setelah mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham.

Apa itu PT?

Jika saat ini Anda mempunyai usaha yang sudah lumayan mapan, ada baiknya segera mendirikan PT. Sekali lagi ditekankan di sini bahwa pembuatan PT itu mudah, terutama jika Anda sudah tahu caranya. Ada beberapa keuntungan jika Anda mendirikan PT. Berikut adalah keuntungannya:

  1. Pemisah antara kekayaan pribadi dengan modal usaha
  2. Proses pengelolaan perusahaan diatur oleh Undang-Undang
  3. Lebih bonafide
  4. Kepemilikan modal berbentuk saham, jadi lebih mudah dialihkan atau dijual
  5. Lebih tertib dalam pengambilan keputusan perusahaan melalui RUPS.

Setelah mendapatkan sedikit pencerahan tentang apa itu PT, apa saja organisasi di dalamnya, juga keuntungannya, saatnya menyimak proses pembuatan PT. Akan tetapi, sebelum itu, simak dulu beberapa persyaratan untuk membuat PT.

Persyaratan Pembuatan PT di Jakarta

Dalam pembuatan PT, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Anda bisa menyimak persyaratan berikut sebelum lanjut ke proses pembuatan PT.

1. Nama PT

Untuk nama PT, ada aturan khusus. Buatlah minimal 3 kata. Anda juga bisa mengajukan 3 alternatif nama PT. Akan tetapi, Anda tidak biperbolehkan menggunakan nama PT yang sudah terlebih dahulu dipakai oleh orang lain.

Selain itu dalam pembuatan nama PT ini tidak diperbolehkan menggunakan serapan asing. Hal tersebut tidak diberlakukan dalam kebijakan, namun sudah diatur dalam undang-undang.

2. Data Identitas Pendiri

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pembuatan PT harus dilakukan oleh 2 orang. Masing-masing pendiri PT juga harus melengkapi data-data berikut.

  • Nama PT yang akan digunakan (minimal 3 nama, terdiri dari 3 kata);

  • Fotocopy KTP para pendiri (Minimal 2 Orang Pendiri), apabila menggunakan virtual office salah satu KTP pendiri wajib KTP DKI Jakarta;

  • Fotocopy NPWP para pendiri (Khusus Direktur Utama/ Penanggungjawab harus dengan format NPWP terbaru tahun 2015 yang tercantum NIK);

  • Alamat Email dan Nomor Telepon para Pendiri;

  • Keterangan lengkap yang menjelaskan tentang struktur kepengurusan perusahaan, komposisi kepemilikan modal atau saham para pendiri di dalam PT Lokal.

3. Tempat dan Kedudukan PT

Lokasi usaha juga wajib dicatumkan dalam proses pembuatan PT. Lokasi PT ini menjadi alamat resmi sekaligus kedudukan hukum PT. Tempat awal mula didirikannya PT haruslah sama dengan alamat PT yang sekarang beroperasi.

Misalnya saja kalau tempat berdirinya PT dan kedudukannya di Jakarta Barat maka alamat harus di Jakarta Barat. Kalau alamat tidak di Jakarta Barat maka itu namanya cabang dan harus minta perijinan kembali sebagai cabang.

Dalam pembuatan PT di Jakarta, Anda wajib memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Keterangan tentang kedudukan dan alamat ┬áPT Lokal;

  • Fotocopy Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) tempat usaha domisili PT Rumah/ Gedung/ Ruko;

  • Fotocopy bukti pelunasan PBB tahun terakhir tempat usaha domisili PT Rumah/ Gedung/ Ruko;

  • Foto Gedung, Ruangan, dan Logo Kantor;

  • Fotocopy bukti kepemilikan atau penggunaan tempat usaha. Apabila milik sendiri, dibuktikan dengan fotocopy sertifikat. Apabila menyewa, dibuktikan dengan perjanjian sewa menyewa antara penyewa dan pemilik tempat. Apabila di gedung, dibuktikan dengan Surat Keterangan Domisili Gedung. Apabila di ruko, dibuktikan dengan Surat pernyataan RT/RW tentang domisili PT Lokal.

Setelah semua persyaratan sudah terpenuhi, selanjutnya kita bisa masuk ke proses pembuatan PT. Apakah pembuatan PT ini memang benar-benar susah?

Proses Pembuatan PT

Anda baru bisa melangkah ke proses pembuatan PT setelah memahami beberapa persyaratan yang telah diulas di atas. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam membuat PT.

1. Tentukan Partner dan Pemilik Modal

Sekali lagi ditekankan di sini bahwa syarat wajib yang harus dipenuhi ketika ingin membuat PT adalah memiliki partner. PT minimal didirikan oleh dua orang. Anda juga bisa mengajak pihak lain sebagai pemilik modal.

Untuk urusan permodalan juga diatur dalam undang-undang, yakni pada UU No. 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Dalam undang-undang ini menjelaskan bahwa untuk pendirian sebuah PT haruslah modal dasar yang dimiliki minimal ada Rp 50.000.000,- dan semua modal dasar tersebut harus ditempatkan atau disetor minimal 25%.

Itu artinya jika anda memiliki modal senilai Rp 50.000.000,- Maka nanti yang harus anda tempatkan atau disetor minimal senilai Rp 12.500.000,-.

Namun kalau mengingat Paket Kebijakan XXI yang telah dikeluarkan oleh presiden Jokowi, modal dasar pendirian PT tidak lagi harus minimum Rp 50.000.000,- Namun bisa tergantung dengan kesepakatan orang-orang yang mendirikan PT. Sesuai dengan PP No. 29 tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas.

Simak juga: Begini Cara Bikin PT Atau CV dengan Modal Kecil

2. Tentukan Kantor atau Domisili PT

Domisili PT berkaitan dengan alamat legal perusahaan. Hal ini juga sudah tercantum dalam persyaratan pembuatan PT. Oleh karena itu, urusan domisili kantor harus sudah diselesaikan terlebih dahulu sebelum lanjut ke tahapan berikutnya.

Untuk bikin PT, Anda juga harus mengurus domisili kelurahan. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai lokasi PT anda berada. Untuk domisili ini kan yang mengeluarkan adalah pihak kelurahan, maka dari itu mengenai peraturan izin dan lain-lain bergantung pada peraturan pemerintah daerah masing-masing.

3. Hubungi Notaris dan/atau Konsultan Pendirian PT

Anda masih tetap membutuhkan bantuan notaris untuk membantu mengoreksi syarat-syarat legal perusahaan. Notaris ini bertugas untuk memeriksa nama PT yang digunakan, penentuan kegiatan usaha, besaran modal dasar dan juga modal setor, susunan pengurus perusahaan, hal-hal yang belum diatur di UU PT, dan juga dinalisasi PT Anda.

Karena notaris ini berperan sangat penting dalam proses pembuatan PT, Anda harus memilih Notaris yang tepat. Sudah banyak sekali notaris yang berdiri di Indonesia mengingat negara kita memang negara hukum. Untuk urusan hukum ini tidak bisa ditangani dengan hal yang sepele harus benarbenar teliti dan cermat.

Simak juga: Cara Mudah Mengurus Sendiri Perizinan PT

Tips Memilih Notaris yang Murah

Notaris bisa memberikan layanan kepada masyarakat yang sama sekali tidak mengerti soal hukum. Namun, meminta tolong Notaris untuk mengurus berbagai hal tentang hukum termasuk buat PT ini tidak gratis. Ada sejumlah biaya yang mesti kita keluarkan.

Biaya untuk Notaris bermacam-macam ada yang sangat mahal dan ada yang murah atau terjangkau. Namun, kalau anda sedang minim dana jangan hanya mencari yang murah saja namun tetap utamakan yang berkualitas dan terpercaya.

Notaris yang terpercaya mampu mengurus segala tugas dengan baik dan diharapkan bisa berjalan dengan lancar. Untuk buat PT ini selalu ada lika liku permasalahan yang ada, maka dari itu memilih notaris harus tepat. Berikut ini tips memilih notaris yang murah namun berkualitas:

a. Carilah Jasa Notaris Murah Tapi Jujur

Tentunya seorang Notaris adalah seseorang yang sangat tahu mengenai hukum yang tidak diketahui oleh orang awam. Namun demikian, untuk mencari Notaris yang jujur bisa dilihat dari karakter dia melayani para klien-kliennya.

Biasanya karakter notaris yang jujur terlihat dari perilaku yang sopan, sangat menghormati para klien dan tidak muluk-muluk dalam memberikan janji-janji manis. Notaris yang murah dan jujur pasti banyak yang menyukai.

Anda bisa melihat berapa klien yang dia tangani, kalau banyak yang menggunakan jasanya, sudah bisa disimpulkan bahwa notaris tersebut memang jujur dan bisa diandalkan. Tidak mungkin kan orang percaya menyerahkan urusan hukum ke Notaris tidak jujur.

Selain itu anda bisa ketahui mengenai apakah Notaris yang ingin anda gunakan jasanya jujur atau tidak dengan merekam jejak si Notaris. Anda bisa cari tahu klien-klien yang pernah memakai jasanya.

b. Pelayanannya Baik

Diluaran sana mungkin banyak yang menawarkan harga yang murah. Namun tetap ingat, anda harus tetap perhatikan cara Notaris tersebut memberikan pelayanan kepada anda. Jika jasa Notaris memberikan layanan yang baik sudah pasti anda nyaman dan merasa senang menggunakan jasa notaris tersebut.

Biaya yang murah tidak boleh menjadi alasan bagi si Notaris untuk melayani klien dengan baik. Harga kan si Notaris yang menawarkan demi menarik klien, nah sudah menjadi keharusan bagi Notaris tetap memberikan pelayanan terbaiknya.

Seorang Notaris yang baik juga harus memenuhi kode etik yang mesti dia jalankan. Misalnya saja harus memiliki tanggung jawab penuh terhadap pekerjaan yang ditanganinya dan tidak boleh melanggar hak yang mesti diterima orang lain.

c. Tidak Memberikan Biaya Tambahan Diluar yang Disepakati Diawal

Biaya Notaris bisa berbeda-beda tergantung dari tugas atau pekerjaan yang mesti diselesaikan. Kalau urusannya lebih sulit bisa jadi biaya-biaya yang dikeluarkan jadi banyak.

Untuk mengatasi tidak ada biaya tambahan atau biaya tanpa terduga sebaiknya pastikan terlebih dahulu kisaran biaya yang nanti harus anda keluarkan. Semua masalah biaya sebaiknya sudah jelas diawal agar tidak ada unsur kecurigaan.

Kalau semua biaya sudah ada kesepakatan diawal, proses pembuatan PT bisa berjalan dengan nyaman dan tenang. Untuk biaya Notaris bisa dihitung dengan melihat persoalan yang anda hadapi dan kiranya apa saja yang bisa dikerjakan notaris.

Agar tidak salah perhitungan, anda bisa memilih Notaris yang memang sudah berpengalaman dan kompeten. Kalau Notaris masih abal-abal, biasanya tidak terlalu menguasai terkait biaya yang mesti dikeluarkan untuk berbagai urusan berkaitan dengan hukum.

d. Memiliki Legalitas Hukum

Notaris memiliki kewenangan mengenai semua masalah tentang hukum. Dengan begitu tentunya seorang Notaris sudah paham bahwa mendirikan sebuah usaha juga harus berdasarkan undang-undang.

Ada ijin usaha dan ada surat secara resmi mengenai pengangkatan dirinya dari menteri hukum dan HAM RI. Notaris yang sudah mendapatkan izin atau pengangkatan resmi dari Menteri hukum akan mendapatkan pengawasan. Hal ini bertujuan agar dalam menjalankan tugasnya tidak menyeleweng.

Hal lain yang mesti ditekankan bahwa seorang Notaris sebaiknya memiliki kode etik yang sempat tadi kita singgung diatas. Dengan begitu klien yang menyerahkan semua urusan ke Notaris ini akan lebih merasa nyaman dan aman.

4. Pengajuan NPWP PT

Sebelum mengajukan NPWT PT, pastikan Anda sudah melengkapi persyaratan identitas pendiri. Dengan begitu, Anda bisa mulai melakukan pengajuan PT dengan mudah.

Di era yang sudah sangat modern seperti ini, pengajuan PT juga dipermudah. Anda bisa melakukannya melalui online di https://ereg.pajak.go.id/daftar. Ikuti prosedurnya dengan benar dan pastikan semua prosesnya sudah sukses. Anda pun bisa mendapatkan NPWP perusahaan dengan mudah.

5. Pengajuan Nomor Induk Perusahaan (NIB)

Untuk mengajukan NIB pun, sekarang ini perusahaan sudah memberikan banyak kemudahan. Anda pun bisa melakukannya secara online. Sistem online ini sering disebut dengan Online Single Submission (OSS). Anda bisa langsung melakukan registrasi di https://oss.go.id/oss/. Anda bisa lodin menggunakan NIK atau paspor.

Setelah berhasil login, Anda tinggal mengikuti proses pembuatan NIB. Anda harus menyiapkan data-data seperti, data badan usaha perusahaan, pemegang saham, nilai investigasi, rencana penggunaan tenaga kerja, BPJS ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan. Lakukan pengajuan NIB sesuai prosedur.

6. Pengajuan Izin Usaha sesuai Izin Usaha Perusahaan

Sebuah perusahaan didirikan tidak lain adalah untuk meraih keuntungan dari aktivitas yang dilakukan dalam berbagai macam kegiatan. Nah, dalam melakukan kegiatan tersebut sebuah perusahaan harus memiliki yang namanya izin usaha.

Surat izin tersebut seperti yang pernah kita dengar yaitu SIUP. Sebuah perusahaan harus memiliki SIUP. Dengan memiliki SIUP ini maka perusahaan anda sudah bisa menjalankan berbagai kegiatan baik dibidang perdagangan ataupun jasa.

Untuk SIUP ini juga ada beberapa kategori yang bisa didapatkan berdasarkan tingkat usaha anda. Keempat kategori SIUP tersebut yaitu ada SIUP Besar, SIUP Menengah, SIUP kecil dan SIUP Mikro.

Untuk proses pengajuan izin usaha ini, Anda atau pemilik perusahaan bisa langsung datang ke Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan setempat. Jika tidak bisa hadir, Anda juga bisa mengurusnya melalui pihak lain yang sudah diberikan surat kuasa.

7. Buka Rekening Bank atas Nama PT

Setelah semua proses di atas selesai, selanjutnya Anda bisa membuka rekening atas nama bank. Rekening atas nama perusahaan ini nantinya digunakan untuk mengelola keuangan perusahaan.

Ternyata, ada banyak sekali proses untuk membuat PT. Jika ANda tidak mempunyai waktu atau merasa kesulitan dengan langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas, serahkan saja dengan layanan pengurusan PT. Bikin PT jadi makin mudah dan murah dengan memanfaatkan jasa layanan ini.

Bikin PT Murah Di Jakarta

Di Jakarta banyak para pelaku usaha baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri. Tentunya demi mendapatkan hak untuk menjalankan usahanya para pelaku usaha tersebut harus membuat PT agar perusahaan yang dikelola berbadan hukum.

Namun terkadang banyak yang salah dalam membuat PT ini. Kesalahan mereka terletak pada hanya tergiur dari harga yang murah saja tanpa mempertimbangkan legalitas dan kepercayaan jasa pendirian PT tersebut.

Untuk itu kalau anda ingin mencari jasa bikin PT yang murah juga sebaiknya pertimbangkan juga terkait dengan legalitas serta pengalaman yang dimiliki.

Ada beberapa kriteria sebenarnya yang bisa anda jadi bahan pertimbangan saat memilih jasa pendirian PT yang murah dan berkualitas. Ini kriterianya:

1. Berbadan Hukum yang Jelas

Bikin PT jangan asal percaya saja pada jasa yang anda pilih. Jasa pendirian PT yang terpercaya tentunya sudah memiliki badan hukum. Kalau anda ragu saat ingin buat PT sebaiknya cek status hukum jasa yang anda pilih untuk pembuatan PT ini.

Jika status badan hukumnya jelas, maka anda bisa mempercayakan urusan pendirian PT pada jasa tersebut. Diluaran sana, banyak sekali jasa abal-abal yang menawarkan jasa buat PT. Banyak yang masih ilegal dan hanya menawarkan harga murah namun kekuatan hukumnya kecil.

Kalau anda salah dalam memilih jasa bikin PT ini tentunya hanya akan membuat anda kecewa. Nantinya jika ada pemeriksaan dari badan hukum ahli berkas yang palsu pasti mudah untuk diidentifikasi.

2. Riwayat Perusahaan Bagus

Kriteria jasa buat PT yang terpercaya tentunya memiliki riwayat yang bagus. Tidak mungkin kan kalau riwayat perusahaan sudah bagus tapi kinerja perusahaan buruk? Untuk mengetahui riwayat perusahaan bagus atau tidaknya, anda bisa cek sendiri.

Bagaimana cara mengeceknya? Pertama anda bisa melihat mengenai kapan perusahaan jasa pembuatan PT tersebut berdiri. Kalau sudah lama dan masih bertahan maka ada kemungkinan jasa tersebut memang bagus.

Untuk yang kedua, anda bisa mengetahuinya dengan mengecek testimoni dari perusahaan yang sudah menggunakan jasa tersebut. Tidak mungkin kan klien akan memberikan keterangan yang palsu karena tidak menguntungkan bagi mereka? Langkah ini bisa anda coba lakukan sebelum benar-benar memilih jasa.

3. Memiliki Layanan yang Terbaik

Semua badan jasa pastinya menawarkan berbagai layanan yang menarik demi menarik klien. Tentunya banyak yang memberikan janji-janji yang menggiurkan sehingga anda bisa saja langsung terpikat.

Lalu, bagaimana menyikapi hal yang seperti ini. Untuk jasa pembuatan PT yang terpercaya pastinya dari segi layanan adalah yang terbaik. Anda tinggal pilih saja, jasa yang benar-benar mampu mengurus dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pendirian PT yang berkompeten.

Dokumen-dokumen yang sangat penting dalam pembuatan PT diantaranya mengurus TDP, SIUP, NPWP, izin domisili dan masalah pengurusan akta pendirian. Hal ini yang mesti diutamakan terlebih dahulu jika ingin memilih jasa bikin PT terbaik.

4. Ada Jaminan Validasi Perusahaan

Pendirian PT pasti tidak semulus berselancar di tempat seluncuran. Dalam perjalanan mengurus pendirian PT akan ada beberapa kendala dan datang berbagai macam masalah.

Nah, jasa buat PT yang bagus mereka memiliki jaminan validasi perusahaan. Jadi anda akan lebih untung dan lebih tenang mempercayakan kepengurusan pembuatan PT pada jasa tersebut.

5. Harga Murah dan Berkualitas

Pembuatan PT memang tidaklah murah karena ini berurusan dengan berbagai lembaga yang menangani. Namun, dari harga yang mahal tersebut pastinya ada jasa yang menawarkan harga yang cukup miring dan masih standar untuk pendirian PT.

Kalau harga terlalu rendah, ini justru patut dicurigai karena bisa jadi jasa bikin PT tersebut abal-abal. Pembuatan PT sudah distandarkan untuk masalah biaya. Kalau misalnya lebih murah ya hanya terpaut tidak terlalu jauh tapi ya masih lumayan dari pada harga yang tinggi.

Membuat PT jangan hanya terpaku pada harga yang murah saja, namun masalah kualitas juga perlu anda perhatikan. Kalau anda mengabaikan kualitas dari jasa pendirian PT tersebut, maka siap-siap saja kecewa dibelakang.

Nah, demikian tadi proses pembuatan PT yang bisa diketahui dengan seksama. Alur pembuatan PT harus benar-benar dipelajari dengan baik. Walaupun banyak jasa yang bisa kita pasrahkan dalam pembuatan PT ini, kalau anda tidak tahu sedikitpun tentang bikin PT maka bisa jadi anda akan terkena tipu.

Berhati-hati akan membuat anda tidak merasakan kekecewaan dibelakang. Maka dari itu sebelum membuat PT anda harus benar-benar memperhatikan terkait dengan pemilihan Notaris yang benar dan tepat.

Selain itu, jika memang kesulitan untuk mengurus sendiri pendirian PT, Anda bisa mengandalkan jasa pembuatan PT di Jakarta. Lagi-lagi, Anda dituntut untuk memilih jasa yang berkualitas supaya tidak menyesal di belakang.

Share this article:
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Legalitas Kita
Hotline : +62 811 1778 805 / +62 821 1200 7880; dan
email : info@legalitaskita.com